Korupsi Dana Pengembangan Hutan

Pelaksana Dinas Kehutanan Kota Bima Ditahan

VIVAnews - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan Kota Bima Abdul Rahman ditahan di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), karena terlibat kasus korupsi pengembangan Hutan Rakyat Agro Forestri.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Rahman diketahui telah merugikan negara sebesar Rp 106. 833 juta. Kasus ini bermula ketika pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 5,7 miliar untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan hutan rakyat di kabupaten dan kota se NTB.

Untuk kota Bima mendapat anggaran 375 juta yang akan dipergunakan membeli 1500 bibit jambu mente dengan harga 1700 per batang. Bibit tersebut selanjutnya dibagikan kepada 19 kelompok tani.

Kasubdit Publikasi Humas Polda NTB Kompol Tribudi Pangastuti mengatakan kasus korupsi ini berlangsung bulan Januari hingga Februari 2006. Tersangka yang saat ini masih menjabat sebagai Plt Kadis Kehutanan Kota NTB memangkas dana tersebut dengan membeli bibit seharaga Rp 700 per batang.

"Kasus ini terbongkar setelah ada udit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tersangka sudah kita tahan pada tanggal 14 Nopember kemarin. Saat itu kami masih melengkapi data-datanya," ujar Tribudi kepada wartawan siang tadi.

Menurut Tribudi berkas perkara kasus tersebut sudah disampaikan ke Jaksa Penuntut Umum bulan September lalu. Saat ini Polda NTB masih menunggu P 21 dari JPU.

Tersangka terancam dengan pasal 2 unto pasal 3 unto pasal 12 hurup i Undang-undang 21 tahun 1999 dirubah dan ditambah dalam undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Tersangka menolak untuk bertemu wartawan untuk memberikan keterangan terkait keterlibatannya dalam kasus korupsi tersebut. "Kita menghormati haknya. Kami tidak bisa memaksa tersangka untuk berkomentar," kata Tribudi.

Laporan: Edy Gustan/Mataram

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024