Konfrensi Tingkat Tinggi APEC

Obama dan SBY Kompak Berbaju Biru

VIVAnews - Setelah dikhawatirkan absen, presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, akhirnya bisa hadir di jamuan makan malam pembukaan Konfrensi Tingkat Tinggi Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Singapura, Sabtu 14 November 2009. Di malam itu, bersama 20 pemimpin anggota APEC lainnya, Obama pun ikut dalam sesi foto bersama.

Tadinya, sesi foto bersama itu akan ditunda hingga esok harinya, Minggu 15 November 2009, setelah panitia sempat menerima kabar bahwa Obama akan terlambat datang dari lawatannya di Jepang. Namun, Obama dan rombongan hanya terlambat beberapa jam - tiba di Singapura pukul 8 malam waktu setempat - sehingga sesi foto tak jadi ditunda.

Sesuai dengan tradisi KTT APEC, para pemimpin malam kemarin mengenakan kostum khas yang mewakili identitas tuan rumah, yang tahun ini adalah Singapura. Perancang busana (desainer) ternama Singapura, Wykidd Song, sudah menyiapkan kostum khusus untuk para tetamu istimewa, termasuk Obama, yaitu kemeja tang ala Peranakan.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Bagi penggemar film kung fu lawas, kemeja tang sudah tak asing lagi, karena digunakan oleh para petarung, baik tokoh jagoan maupun musuhnya. Namun panitia KTT APEC tak bermaksud mengajak para pemimpin untuk bertarung, melainkan memperkenalkan kepada mereka bahwa kemeja tang ala Peranakan merupakan baju kebanggaan rakyat Singapura. Mereka sering menggunakan baju tang untuk menghadiri pesta atau hajatan penting.

Song menyiapkan tiga pilihan warna kemeja, yaitu biru, merah, dan hijau. Warna-warna itu merupakan simbol masyarakat Singapura, yang terdiri dari etnis China, India, dan Melayu.
 
Bertempat di gedung pertemuan seni, The Esplanade, para pemimpin APEC, termasuk tuan rumah PM Lee Hsien Loong, tampak merasa nyaman memakai kemeja berbahan sutra. Diantara yang hadir adalah Presiden China, Hu Jintao, Presiden Korsel, Lee Myung-bak, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari Indonesia.

Menariknya, baik Obama dan Yudhoyono sama-sama memakai kemeja tang warna biru dengan corak yang sama. Tak jelas, apakah warna dan motif kemeja untuk kedua pemimpin itu sengaja dipilih oleh panitia atau memang pilihan tim protokoler masing-masing presiden.

Apalagi dalam sesi foto bersama tadi malam, Obama dan Susilo berdiri berdampingan. Mereka diapit oleh para pemimpin lain yang memakai kostum warna merah.

Di negara masing-masing, baik Obama dan Susilo merupakan pemimpin yang diusung oleh partai yang bernama sama, yaitu Partai Demokrat. Apalagi, Partai Demokrat di AS dan Partai Demokrat di Indonesia selama ini sama-sama memakai warna kebanggaan, yaitu biru.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!
 Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro dan pemain Arema FC Syaeful Anwar.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Arema FC akan menghadapi laga hidup dan mati dalam lanjutan Liga 1 saat melawan PSM Makassar. Duel pekan ke-33 ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024