Program 100 Hari Kabinet SBY

Mentan Dekatkan Petani Buah Pada Pasar Modern

VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono dalam program kerja 100 hari, hendak meningkatkan daya saing buah lokal, baik untuk pasokan dalam negeri maupun pasar ekspor.

Menurut dia pemerintah saat ini memprioritaskan pada kebijakan pengembangan buah-buahan untuk meningkatkan kesediaan buah di dalam negeri dan menaikkan ekspor dengan meningkatkan daya saing. 

"Peningkatan daya saing, sesuai arahan Presiden, menjadi program kerja 100 hari," kata Suswono saat meresmikan Pekan Buah Tropika Nusantara, Indonesia Tropical Fruit Festival 2009 di pelataran Carrefour Lebak Bulus Jakarta Selatan, Sabtu kemarin, 14 November 2009.

Untuk itu, dengan peningkatan daya saing tersebut, petani buah lokal hendak didekatkan dengan pasar modern.

Suswoni menilai, dengan laju pertumbuhan pasar modern sebesar 20 hingga 26 persen, pemerintah akan mendorong pasar modern menjadi ajang promosi produk dalam negeri.

"Dengan adanya unit usaha di dalam negeri dan jaringan di luar negeri, diharapkan akan membuka pasar untuk buah lokal, sehingga selanjutnya bisa meningkatkan kesejahteraan petani buah," kata dia.

Berdasarkan data Departemen Pertanian, pada 2008, buah-buahan menyumbang Produk Domestik Bruto sebesar Rp 42,7 triliun atau 53 persen dari PDB hortikultura sebesar Rp 80,3 triliun.

hadi.suprapto@vivanews.com

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024