Waspadai Hujan & Angin Pada Akhir Pekan

VIVAnews - Warga Jakarta diminta untuk waspada dengan cuaca ekstrem yang belakangan kerap terjadi di wilayah Ibu Kota Jakarta pada sore hingga malam hari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, awal musim penghujan di wilayah Jabodetabek akan terjadi pada  pekan ini.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Masyarakat yang tinggal di daerah rawan genangan, diimbau untuk lebih waspada karena aktivitas hujan mulai meningkat dibanding pekan sebelumnya.

Konsentrasi hujan ringan hingga sedang terkonsentrasi di wilayah Jabodetabek bagian Selatan.

Sementara hujan intensitas hujan sedang dan lebat yang terkadang disertai petir dan angin dalam durasi singkat, juga terjadi dibeberapa wilayah selatan seperti, Jakarta Selatan, Depok dan Tangerang bagian Selatan.

Terkait hal itu, Pemkot Administrasi Jakarta Utara menginstruksikan seluruh warganya untuk waspada. Terutama saat terjadinya hujan deras yang disertai angin kencang karena biasanya diwarnai dengan timbulnya genangan air dan pohon tumbang.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, juga menginstruksikan aparat kelurahan untuk menyiagakan posko banjir selama 24 jam di kantornya masing-masing.

Terutama di 31 kelurahan rawan banjir yang tersebar di 6 kecamatan. Setiap harinya, posko harus menyiagakan 5 orang petugas piket yang terdiri dari staf kelurahan, PHL, dan Satpol PP untuk memantau perkembangan wilayahnya.

Jika terjadi banjir maka petugas sebelumnya harus memberikan peringatan dini, agar warganya mengungsi ke tempat aman.

"Aparat yang bertugas di posko harus siaga selama 24 jam memantau perkembangan air dan tingkat curah hujan," ujar Bambang,  seperti dikutip dari situs Pemerintah DKI, Sabtu 14 November 2009.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024