Depkumham Butuh Rp 7 T untuk Bangun Lapas

VIVAnews - Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) berencana akan membangun lembaga pemasyarakatan di Jawa Barat. Dana yang dibutuhkan untuk membangun lapas mencapai Rp 7 triliun.

"Untuk membangun lapas, tidak cukup satu tahun," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Untung Setyono saat mengunjungi Lapas Karawang, Jumat 14 November 2009. Minimal waktu yang dibutuhkan, kata dia, adalah tiga tahun.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun lapas dalam tiga tahun mencapai Rp 5 triliun. "Ini baru fisiknya saja," kata dia.

Untuk memperoleh lapas siap huni dibutuhkan total dana Rp 7 triliun. "Idealnya, untuk kapasitas 1 orang tahanan dibutuhkan biaya Rp 7 juta," kata Untung. Uang ini baru untuk hunian, belum termasuk dana operasional dan makan.

Hambatan lainnya dalam pengembangan lapas, kata dia, adalah jumlah dan kesejahteraan sipir yang kurang. Setahun, kata dia, Depkumham hanya diberi uang Rp 1 miliar untuk membiayai sipir. "Di dunia, hanya Indonesia yang begini. Manajemen Insya Allah," kata dia.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024