Tak Ada Investor yang Tanya Bibit-Chandra

VIVAnews - Kasus Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah yang membawa perseteruan dua institusi Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri tidak sampai berdampak pada sikap investor. Meski kasus ini sudah dibawa ke Persatuan Bangsa-Bangsa, tapi tak ada satu pun investor yang menanyakan ke wakil pemerintahan.
 
Kondisi masih cerahnya persepsi investor ini diungkapkan Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi. Menurut dia, sampai hari ini, tak ada keluhan tentang kasus Bibit dan Chandra.
 
"Tidak ada, tidak ada yang menanyakan atau telepon keluhan apapun," ujar Bayu di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis 12 November 2009.
 
Sampai hari Senin lalu, awal pekan ini, Bayu yang selalu bertemu investor mengaku investor tidak mengeluhkan kasus Bibit dan Chandra. "Mereka justru menanyakan kepastian hukum bagaiman karena ada regulasi yang dianggap belum lengkap," katanya.
 
KPK berencana menjelaskan kasus yang menimpa dua pimpinan nonaktif, Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, dalam konferensi United Nation Convention Against Corruption (UNCAC). Konferensi Korupsi se-dunia itu akan digelar Doha, Qatar pada 9-13 November 2009. Dua pimpinan KPK yang menjadi delegasi ke Doha yakni Mas Achmad Santosa dan M Jasin.
 
Tapi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto usai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terbang ke Malaysia mengatakan, itu kewenangan KPK. "Saya dengar memang sudah ada jadwal, tapi itu kewenangan KPK," ujar Djoko Suyanto beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, menurut juru bicara KPK, Johan Budi SP, Mas Achmad Santosa dan M Jasin siap memberikan keterangan kasus yang menimpa dua pimpinan nonaktif itu. "Mereka akan menjelaskan progres KPK soal pemberantasan korupsi," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 10 November 2009 lalu.

Sebelumnya, Polisi menetapkan Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, sebagai tersangka. Bibit dan Chandra dituduh telah menyalahgunakan kewenangannya dan menerima suap.

Tim Pencari Fakta kasus dugaan kriminalisasi, Bibit dan Chandra, juga sudah mengumumkan kesimpulan sementara terkait pengusutan kasus yang menimpa komisioner nonaktif KPK itu.
 
hadi.suprapto@vivanews.com

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan
Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024