BI: Inflasi Tahun Ini Tidak Normal

VIVAnews- Bank Indonesia memandang inflasi pada tahun ini di bawah pola normal. Jika biasanya inflasi di kisaran 5 persen, maka tahun ini akan di bawah 4 persen.

Menurut Deputi Gubernur Senior BI, Darmin Nasution, penurunan di bawah historis ini dikarenakan penguatan nilai tukar dan ekspektasi inflasi masyarakat yang menurun.

Hal ini tercermin dari inflasi inti yang terus mencapai angka terendah. "Itu wajar karena dalam periode pertumbuhan ekonomi Indonesia dan dunia yang tengah melambat," ujarnya.

Sementara untuk 2010, inflasi diperkirakan akan kembali ke pola normalnya di kisaran 5± 1 persen seiring dengan kembali menguatnya aktivitas perekonomian domestik dan harga-harga komoditas.

Badan Pusat Statistik Nasional mencatat sepanjang Oktober 2009 telah terjadi inflasi sebesar 0,19 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,68. Laju inflasi tahun kalender (Januari-Oktober) 2009 sebesar 2,48 persen, sedangkan laju inflasi year on year (Oktober 2009 terhadap Oktober 2008) sebesar 2,57 persen.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya
Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024