Politisi 7 Fraksi Resmi Dukung Angket Century

VIVAnews - Fraksi PDIP sebagai inisiator usul pengajuan Hak Angket Century menyatakan, usul Angket Century sampai saat ini telah mendapat dukungan politisi dari tujuh fraksi dengan total 73 tanda tangan anggota dewan. Berdasarkan tata tertib, hak angket dapat diajukan dengan minimal 25 tanda tangan dukungan dari anggota DPR.

"Ketujuh unsur fraksi yang ikut mendukung angket ialah PDIP, Golkar, PPP, PKB, Hanura, Gerindra, dan PKS," ujar Gayus Lumbuun, salah satu inisiator dari Fraksi PDIP, dalam jumpa pers di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 11 November 2009.

Ia kemudian menunjukkan selembar berkas usul pengajuan angket yang telah ditandatangani. "Tanda tangan yang tercantum di sini antara lain Ahmad Kurdi dari PPP, M Hutabarat dari Gerindra, Saefuddin Suding dari Hanura, Azis Syamsuddin dan Chairuman Harahap dari Golkar, Buchori dari PKS, serta Effendi Choirie dari PKB," kata Gayus sambil meneliti lembaran tersebut.

Gayus menjelaskan, nama-nama tersebut hanya sebagian kecil dari pendukung angket, karena lembaran formulir tanda tangan lainnya sampai sekarang masih disebar ke sejumlah anggota dewan. Berkas tanda tangan dukungan tersebut, terang Gayus, besok akan segera dibawa ke Badan Musyawarah DPR. Bamus kemudian akan mengajukan usul Angket Century ke Rapat Paripurna DPR.

Eva Sundari menjelaskan, pukul 17.00 sore ini seluruh inisiator angket dari Fraksi PDIP akan berkumpul di ruang fraksi untuk menyempurnakan surat pengantar usul pengajuan angket yang akan diserahkan ke pimpinan dewan. "Kami pun sebelumnya sudah mengadakan pertemuan dengan Kwik Kian Gie untuk mem-briefing kami," ujar Eva.

PDIP pun terus melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi lain. "Bahkan khusus Fraksi PKS dan Gerindra minta di-briefing lebih lanjut oleh kami soal proposal Angket Century ini," kata Eva. Menurutnya, hal itu menunjukkan ada perhatian besar yang sama dari banyak fraksi atas skandal Century, karena kasus tersebut berskala luas dan menjadi isu nasional.

Fraksi PDIP bahkan berharap Demokrat ikut mendukung Angket Century. "Terlebih Pak Presiden sudah menyatakan bahwa beliau akan pasang badan terhadap upaya yang menghambat pemberantasan korupsi," ujar Eva. Ia mengingatkan, Fraksi PDIP tidak menjadikan orang sebagai target untuk dijatuhkan dalam Angket Century. "Kami tidak targetkan orang, tapi pembongkaran kasus," katanya.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024