Sengketa Pilkada Jawa Timur

Khofifah-Mudjiono Siapkan Bukti

VIVAnews - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono siap membuka bukti-bukti adanya kesalahan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur dalam merekapitulasi penghitungan suara.

Dalam sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur di Mahkamah Konstitusi, kuasa hukum pasangan Khofifah-Mudjiono mengungkapkan, salah satu bukti adalah penemuan kotak suara yang dibuka usai penghitungan.

"Kotak suara di TPS (tempat pemungutan suara) 6 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep dibuka setelah proses penghitungan suara selesai dan para saksi pemohon sudah tidak berada di tempat," ujar M Maruf selaku kuasa hukum Khofifah-Mudjiono di hadapan Majelis Panel Mahkamah Konstitusi, Senin 17 November 2008. Kotak suara itu, kata dia, dibuka di trotoar yang berada di luar lokasi lokasi TPS 6.

Saat ditanya warga, Panitia mengaku kotak suara terpaksa dibuka karena akan diperbaiki. Di TPS 6 itu, sambung Maruf, pemohon mendapat 73 suara. Sedangkan lawannya, Soekarwo-Saefullah Yusuf, memperoleh 160 suara. Dari 599 pemilih yang memiliki hak menggunakan suara, hanya 233 yang memilih. Sisanya,  374 pemilih, tidak hadir.

Selain itu, kata Maruf, salinan Berita Acara Penghitungan Pemilihan kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan tidak memakai model DA-KWK sebagaimana ketentuan. "Surat suara yang diberikan kepada saksi pemohon merupakan hasil kreasi  panitia pemilihan kecamatan Pakong," tambahnya.

Hakim Konsitusi yang memeriksa pendahuluan berkas permohonan itu mengatakan ada sejumlah kesalahan teknis, seperti salah ketik. Pemohon diminta untuk memperbaiki permohonan mereka hari ini juga.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan
Kendaraan terjebak banjir di jalanan utama Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 17/4

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas

Ini merupakan rekor curah hujan tinggi yang turun di Dubai selama 24 jam terakhir hingga jam 9 malam. Sekaligus curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024