Infrastruktur Telekomunikasi

Bandwidth Cadangan Untuk BlackBerry

VIVAnews - Seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan yang telah mencapai 200 ribu, XL kini sedang meningkatkan kapasitas layanan BlackBerry. Saat ini kapasitas bandwidth BlackBerry mereka mencapai 180Mbps.

Seiring dengan proses penambahan bandwidth ke RIM, XL juga menggunakan tambahan bandwidth dari penyedia layanan infrastruktur yang berbeda. Tujuannya untuk menjamin jaringan mereka lebih stabil.

Seperti disiarkan sebelumnya, link komunikasi antara XL dan RIM untuk terhubung dengan server RIM di Kanada menggunakan jalur bandwidth pihak ketiga.

Untuk membackup link komunikasi yang utama, yang mana dikabarkan sempat bermasalah beberapa waktu lalu, XL menambah satu mitra lagi untuk jalur redundant link atau alternatif jika link komunikasi primary bermasalah lagi, sekaligus menambah kapasitasnya menjadi 180 Mbps.

“Langkah ini menjadikan XL sebagai satu-satunya operator di Indonesia yang terkoneksi ke RIM dengan dual carrier partner,” kata Hasnul Suhaemi, Presiden Direktur XL, pada keterangan yang VIVAnews kutip, 11 November 2009. “Seluruh upaya yang kami lakukan adalah untuk menjamin kualitas dan kestabilan kecepatan data XL BlackBerry di Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Hasnul menambahkan, per akhir September 2009, jaringan XL diperkuat dengan lebih dari 18.790 BTS (Base Transceiver Station) 2G/3G.

Tak hanya itu, jaringan XL juga diperkuat oleh jaringan fiber optic (FO) yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke pulau Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan
Forum on “Expansion of Job Opportunities in Japan for Indonesia Resources”

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Kemnaker mengajak pemberi kerja Jepang untuk berinvestasi dalam memberikan pelatihan bahasa Jepang bagi kandidat SSW Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024