Naif Al-Mutawa

Indonesia Adalah Pintu Pembuka

VIVAnews--KOSONGNYA tokoh komik superhero dari dunia Islam, membuat Naif al-Mutawa gelisah. Lelaki Kuwait itu lalu memetik ilham dari Asmaul Husna, atau 99 nama sifat Allah Swt seperti tersurat di Al-Quran. Maka, lahirlah serial komik The 99. Berbekal komik itu, Mutawa lalu menggebrak sampai ke Barat. “Cerita komik ini tidak religius, meski pola dasarnya berasal dari Islam”, ujar Muttawa. Lalu mengapa ada superhero asal Indonesia di The 99? Shinta Eka Puspasari dari VIVAnews mewawancarai Muttawa melalui surat elektronik pada 26 Oktober 2009 lalu. Berikut petikannya.

Apa yang membuat Anda menciptakan The 99?
Seseorang tidak pernah tahu mengapa, dan bagaimana mereka mencipta. Ide ini datang begitu saja. Saya merasa penting mengubah definisi kepahlawanan yang dibuat mereka yang memiliki agenda di balik itu.

Dari mana inspirasi menulis cerita The 99?
Saya adalah seorang psikolog klinik. Saya dilatih di Rumah Sakit Bellevue di New York untuk menangani korban penyiksaan politik. Saya muak mendengar cerita orang-orang yang disiksa oleh orang yang mereka idolakan. Saya putuskan melakukan sesuatu.

Mengapa Anda memilih Islam sebagai latar belakang para karakter di komik ini?
Saya memilih Islam karena saya seorang Muslim. Lagipula cerita komik ini tidak religius, meski pola-pola dasar digunakan berasal dari Islam.

Apa nilai Islam yang ingin Anda sebarkan melalui The 99?
Toleransi, perbedaan manusia, dan bagaimana menerima satu sama lain sebagai manusia. Jangan terlalu menghakimi.

Setiap karakter memiliki kekuatan super yang berbeda.  Apa yang mendasari itu?
Seluruh kekuatan berasal dari kebijakan yang disimpan dalam perpustakaan Dar al-Hikma di Baghdad yang dihancurkan pada 1258.

Bagaimana negara-negara Barat menerima komik yang terbit di tengah menggeloranya gelombang anti-Islam?
Mereka dapat menerima dengan baik. Karena cerita dalam The 99 tidak religius, mereka bisa menerimanya karena persamaan pandangan di tataran nilai.

Bagaimana cara Anda menembus pasar di negara Barat dan negara non-Muslim?
Kami memfokuskan diri pada nilai-nilai utama yang dipercaya seluruh orang. Kami juga memastikan bahwa anggota The 99 berasal dari 99 negara sehingga dapat diterima lebih banyak pembaca.

The 99 mulai dilirik pembuat komik,  Marvel Comics, bagaimana ini bisa terjadi?
Saya pertama kali berhubungan dengan Marvel melalui seorang teman yang mengenal mereka.

Salah satu tokoh The 99, Fattah, berasal dari Indonesia, apa alasan Anda membuat karakter itu?
Indonesia merupakan pasar penting bagi The 99. Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar dan satu-satunya negara berpenduduk Muslim yang memiliki budaya komik.

Apakah Anda pernah mengunjungi Indonesia?
Ya, pernah. Saya menghabiskan dua pekan di Indonesia pada Ramadhan 2007. Saya mengunjungi sekolah, universitas, dan media massa untuk mempromosikan edisi The 99 berbahasa Indonesia yang diterbitkan kelompok Femina.

Siapakah Fattah?
Saat Islam pertama kali menyebar, agama ini disebut Fath atau jalan pembuka. Itulah mengapa Fattah berasal dari Indonesia, karena Indonesia merupakan Fath terbesar dalam sejarah! Toro Ridwan adalah Fattah dan kemampuan utamanya yaitu membuka pintu ke mana saja untuk anggota The 99.

Bagaimana Anda menciptakan Fattah?
Penulis saya membentuk Fattah berdasarkan riset yang mereka lakukan. Saya tidak lagi terlibat di level detail. The 99 kini sudah sangat berkembang. Kami sedang mengembangkan serial animasi yang akan segera ditayangkan. Sebuah taman bermain bertema The 99 telah dibuka enam bulan lalu. Kami juga telah meneken perjanjian dengan DC Comics untuk membuat komik berisi The 99 bekerja sama dengan Batman, Superman, dan Wonder Woman. Komik ini dibuat memperingati upaya Presiden Barack Obama mendekati dunia Muslim. Jadi, saya sibuk sekali!

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024
Ilustrasi vagina

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Memang aroma vagina setiap orang itu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi, hormon, hingga flora pada vagina wanita.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024