Kasus KPK

Waspada Gerakan Koruptor Serang Masyarakat

VIVAnews -- Deputi Direktur Yayasan Sains Estetika dan Teknologi (SET), Agus Sudibyo mengingatkan kepada masyarakat dan pers terhadap koruptor, birokrat politisi korup, pengusaha bermasalah dan kelompok politik yang akan melancarkan serangan balik.

Selama ini, masyarakat dan media, menurutnya terkesan membela pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK, sebagaimana tercermin dalam aksi membela KPK.

"Gerakan masyarakat sipil kemarin, yang mendekati level people power 1998, mungkin menimbulkan ketakutan luar biasa pada kalangan birokrasi, politisi, penguasa yang merasa diri tidak bersih dan terlibat KKN. Oleh karena itu perlu diwaspadai serangan balik mereka," ujar Agus di Dewan Pers, Jakarta, Selasa 10 November 2009.

Serangan balik seperti apakah itu? Agus menyebut bahwa itu bisa saja dengan berupa tuduhan dan gugat balik atas pencemaran nama baik terhadap aktivis yang terlibat dalam gerakan 'Cicak vs Buaya'. Bisa juga, gugatan pencemaran nama baik terhadap media-media yang memberitakan gerakan tersebut.

Masih ada lagi. "Lobby-lobby elit untuk melemahkan kritisisme media atau untuk membelokkan agenda setting media, pemasangan iklan-iklan di media dengan konsensi penurunan tensi pemberitaan yang memojokkan pemerintah, presiden, polri, atau kejaksaan agung," kata Agus.

Agus mengingatkan agar masyarakat dan pers sebaiknya menjadikan momentum kasus Bibit dan Chandra ini untuk membongkar rezim kerahasiaan di Indonesia secara keseluruhan.

Sebab, menurut Agus, masih ada kemungkinan lain seperti percepatan pembahasna dan pengesahan RUU Rahasia Negara, RUU KUHP, atau amandemen UU Pers. Sehingga hal itu dikuatirkan Agus, sebagai suatu gerakan yang anti kebebasan pers dan keterbukaan informasi, serta tidak demokratis.

"Sangat mungkin pembukaan rekaman penyadapan KPK menumbuhkan kebutuhan yang semakin besar di kalangan pemerintahan terhadap pengesaahan UU Rahasia Negara sebagai sebuah mekanisme untuk mempertahankan birokrasi pemerintahan sebagai rejim kerahasiaan," tutur Agus.

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024