Maradona Disambut Bak Pahlawan di Skotlandia

VIVAnews - Pelatih Argentina, Diego Maradona, tiba di bandara Glasgow, Skotlandia, Minggu 16 November 2008. Kedatangan pria bertubuh gempal itu disambut ratusan penggemar tuan rumah yang mengelu-elukan namanya bak pahlawan. Seperti dilansir harian The Guardian, para penggemar berkerumun untuk meminta tanda tangan Maradona bahkan pada poster bergambar "Gol Tangan Tuhan" yang terjadi di Piala Dunia 1986 melawan Inggris.

Maradona datang bersama timnya untuk melakoni pertandingan persahabatan melawan Skotlandia yang dijadwalkan berlangsung Rabu, 19 November 2008. Ketika ditanya wartawan soal perasaannya datang ke Skotlandia, ia menjawab "Contento" yang artinya bahagia. Satu-satunya respons ayah dua anak itu dalam bahasa Inggris adalah "I don't speak English."

Semenjak ditunjuk sebagai pelatih Albiceleste, julukan lain Argentina, Maradona menuai banyak kritikan. Ia dinilai tak memiliki kompetensi yang dibutuhkan Tim Tango serta miskin pengalaman. Belum selesai tudingan yang dialamatkan padanya, mertua Sergio Aguero itu malah menunjuk asisten pelatih bermasalah, Oscar Ruggeri.

Ruggeri tak memiliki rekam jejak mengagumkan. Tahun 2003 ia mengundurkan diri dari sebuah klub Meksiko, Tecos UAG, setelah kalah di enam pertandingan pertama.Lalu ia menangani Independiente dan hanya bertahan empat bulan.Selang setahun, ia menangani tim divisi dua Spanyol, Elche dan ia langsung ditendang dipecat setelah 20 pertandingan.

Ruggeri kemudian balik ke Meksiko dan menangani tim kaya, America, namun hanya bertahan enam pertandingan. Terakhir kali ia melatih San Lorenzo untuk kemudian dipecat karena gagal mendatangkan perubahan baik.

Polemik penunjukan Ruggeri sempat membuat Maradona geram dan mengancam mundur. Tapi Sekretaris Tekhnik Argentina, Carlos Bilardo, mendinginkan suasana dengan meminta Maradona sedikit bersabar.

"Saya berpikir Maradona tidak akan mundur. Saya sudah bertemu dengannya. Saya minta padanya untuk melakukan perubahan secara perlahan. Kita punya 500 orang yang bekerja bersama (di tim nasional),” kata Bilardo seperti diberitakan Goal. 

Pertandingan pertama Rabu nanti akan jadi pembuktian Si Tangan Tuhan kalau teori yang ia coba terapkan tepat sasaran. Kalau hasil baik bisa ia tuai, maka bisa dijamin Federasi Sepakbola Argentina (AFA) bungkam. Tapi sebaliknya, kursi panas Maradona siap diguncang bila Javier Mascherano cs gagal menampilkan karakter atraktif Albiceleste.

Skotlandia sendiri kemungkinan tidak akan diperkuat pemain Galsgow Rangers, Barry Ferguson, karena cedera engkel. Selain sang Kapten, tuan rumah juga harus rela kehilangan Kenny Miller, Steven Fletcher, kiper Craig Gordon, serta pemain Manchster United Darren Fletcher. Pemain yang terakhir disebut cedera lutut ketika Setan Merah membekuk Stoke City 5-0, 15 November 2008.           

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024
Pembayaran Bukalapak paylater

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Mudik lebaran menggunakan mobil, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan tidak ada kendala.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024