DPR Akan Susun RUU Pengadaan Barang & Jasa

VIVAnews - Anggota DPR dari Partai Keadilan Sejahtera, Andi Rahmat, mengatakan, peran Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) harus diperluas melalui Rancangan Undang-undang tentang Pengadaan Barang dan Jasa. Ke depan, pengadaan barang bukan berdasarkan Keputusan Presiden saja.

"Dengan adanya UU tentang pengadaan barang dan jasa diharapkan lembaga ini ada ketetapan hukum yang kuat dan terarah," kata Andi saat Rapat Dengar Pendapat dengan Jajaran LKPP yang dipimpin oleh Roestam Sjarief di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 9 November 2009.

Dalam Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR Mohammad Sohibul Iman, di Gedung Nusantara I, itu, Andi mengatakan peran dan ruang lingkup LKPP besar sekali khususnya buat APBN karena hampir meregulasi sebesar Rp 200 triliun setiap tahun, "Karena itu saya berharap pengadaan barang dan jasa dapat lebih efektif ke depannya," katanya.

Nasrullah dari PAN mengatakan, saat ini peran lembaga banyak yang tumpang-tindih antara lembaga satu dengan lainnya misalnya seperti Badan Pemeriksa Keuangan dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.         

Dia mengharapkan, LKPP memberikan peta-peta mana saja pengadaan barang yang menimbulkan inefesiensi sehingga dapat dibenahi. "Selain itu, untuk pembinaan SDM sudah meluluskan 40 ribu orang sementara sertifikasi ahli sekarang banyak dijualbelikan oleh swasta dan di daerah banyak menjual atau di kontrakan sertifikat tersebut," ujar Nasrullah.        

Sementara, Darizal Basir (F-PD) mengatakan, sekarang ini telah berkembang isu markus (Mafia kasus). Namun jauh sebelum hal itu, di daerah sudah terindikasi adanya mafia tender di mana mafia tersebut bisa saja berbentuk badan ataupun kerjasama kontraktor bahkan intervensi pimpinan daerah. "Kami mengharapkan adanya LKPP ini dapat mengurangi korupsi di lembaga pemerintah," katanya.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024