Bakrie Kaji Lepas 20% Saham ENRG ke Brentwood

VIVAnews - PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) masih menegosiasikan rencana penjualan maksimal 20 persen saham PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) kepada calon mitra strategis Brentwood Ventures Pte Ltd. Upaya tersebut termasuk di antara rencana rasionalisasi aset Bakrie & Brothers pada saham Energi Mega Persada.

Dalam materi paparan publik Bakrie & Brothers yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 17 November 2008 disebutkan, proses rasionalisasi aset dilakukan karena pertimbangan faktor kejatuhan pasar global, perilaku pasar yang irrasional dan tidak bisa diprediksi, dan kepanikan di pasar yang memengaruhi nilai aset serta saham perusahaan.

"Manajemen Bakri & Brothers sangat proaktif dalam merasionalisasi portofolio dan kemitraan strategis," kata Sekretaris Perusahaan Bakrie & Brothers RA Sri Dharmayanti dalam keterbukaan informasi itu di Jakarta.

Bakrie & Brothers berencana menggelar paparan publik hari ini, dengan agenda di antaranya terkait latar belakang rasionaliasi aset, kesepakatan Bakrie & Brothers dengan Northstar Pacific Partners Ltd, penjelasan mengenai Northstar, dampak penjualan saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) , dan perkembangan rencana rasionalisasi aset Energi Mega Persada.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Pembatalan Perjanjian BUMI
Sri Dharmayanti menjelaskan, terkait penjualan saham Bumi, perubahan nilai transaksi senilai US$ 1,3 miliar dimungkinkan bila terdapat price discrepancy, sehingga akan dilakukan penyesuaian harga. Sedangkan faktor-faktor yang berpotensi dibatalkannya perjanjian tersebut di antaranya, bila proses persetujuan terhambat, tidak disetujui rapat umum pemegang saham (RUPS), dan tingkat kepuasan pihak pembeli atas hasil verifikasi.

Dia juga menjelaskan, sejak pembukaan suspensi saham Bumi Resources terjadi kecenderungan aksi jual (force selling) atas transaksi-transaksi repurchase agreement (repo) maupun fasilitas margin yang berbasis saham Bumi. Hal itu berakibat pada 'hilangnya' saham-saham Bumi dari kreditor pemberi fasilitas repo maupun margin.

Menurut dia, hal itu berdampak pada penyelesaian transaksi, terutama ketika Bakrie & Brothers membayar kepada para kreditor, sehingga akan terjadi gagal serah. "Besar kemungkinan Bakrie & Brothers tidak dapat menyerahkan saham Bumi sebanyak yang diperjanjikan," ujar dia dalam materi paparan publik itu.

Selain itu, tambah dia, adanya kemungkinan terjadinya penyesuaian (adjustment) seiring hasil uji tuntas (due diligence) yang dilakukan Northstar Pacific Partners Ltd. Penyesuaian tersebut akan tergantung kepada hasil persetujuan akhir antara Bakrie & Brothers dan Northstar Pacific.

ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024