Kuasa Hukum Ary Muladi

Polri Tak Bisa Tunjukkan Buku Tamu Ary ke KPK

VIVAnews - Ary Muladi, salah satu saksi kunci kasus yang membelit pimpinanKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membantah keras pernah berkunjung ke kantor KPK. Apalagi disebut sebanyak enam kali kunjungan.

"Tidak benar bahwa Pak Ary Muladi ke KPK. Kami ada buktinya," kata Sugeng Teguh Santoso, pengacara Ary Muladi, kepada VIVAnews, Selasa 10 November 2009.

Bukti yang dimaksud yakni, soal kebenaran buku tamu kunjungan Ary Muladi yang disebut polisi. Sugeng menegaskan, saat Ary masih dalam tahanan, ada 'utusan' Ary Muladi yang dipanggil penyidik Polri.

"Saya baru tahu dia dipanggil penyidik. Dia (utusan) juga baru saja bilang ke saya tadi, kalau dia pernah dipanggil polisi," ujar Sugeng yang meminta merahasiakan identitas si utusan itu.

Si utusan itu, lalu diminta penyidik untuk 'merayu' Ary Muladi. Rayuannya sama seperti sebelumnya, yakni agar Ary kembali ke Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pertama.

"Tetapi, Pak Ary tidak mau," kata Sugeng. Si utusan ini belakangan mendengar bahwa Ary Muladi disebut pernah ke KPK selama enam kali. Masih menurut Sugeng, saat si utusan itu sedang bertemu penyidik, dia mengambil kesempatan untuk menanyakan kebenaran kunjungan Ary Muladi ke KPK.

"Dia (si utusan) bilang ke penyidik, tolong tunjukkan buku tamu itu. Lalu, panggil Ary untuk dimintai keterangan di hadapan buku tamu. Tetapi, penyidik tadi tidak berani memperlihatkan buku tamu yang dimaksud," ujar Sugeng.

Tim Ary Muladi juga membantah ada komunikasi antara kliennya dengan petinggi KPK, Ade Raharja, Deputi Bidang Penindakan. "Komunikasi dengan Ade Raharja sebanyak 64 kali itu juga tidak ada," ujar dia.

Maka itu, dia meminta polisi buka-bukaan soal bukti dua hal yang dianggap sebagai rekayasa itu. "Kalau memang dibuka dan ternyata benar. Ary Muladi siap dihukum seberat-beratnya," ucap Sugeng.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia


ismoko.widjaya@vivanews.com

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024