Konflik Diplomatik

Kamboja Larang Impor Produk Thailand

VIVAnews - Hubungan Thailand dan Kamboja terancam memburuk. Pasalnya, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, mengancam melarang masuk impor produk asal Thailand bila Bangkok menutup perbatasan kedua negara.

Harian The Straits Times, Selasa 10 November 2009, mengungkapkan bahwa Hun Sen juga menantang Perdana Menteri Thailand saat ini, Abhisit Vejjajiva, untuk menyelenggarakan pemilihan umum di negaranya. "Partai oposisi yang pro Thaksin, Puea Thai, bakal menang," ujar Hun Sen, seperti yang ditayangkan di stasiun televisi Kamboja, Minggu malam 8 November 2009.

Hun Sen, yang kini hampir 30 tahun berada di tampuk kekuasaan Kamboja, juga mengancam bila Thailand menutup perbatasan kedua negara, pemerintahnya akan melarang masuk semua produk dari Negeri Gajah Putih itu.   

Kantor berita Kyodo, mengutip pernyataan Hun Sen, mengungkapkan bahwa Thailand tahun lalu mengekspor produk senilai US$2 miliar ke Kamboja. Sedangkan nilai ekspor Kamboja ke Thailand hanya sebesar US$90 juta.

Sementara itu, PM Abhisit mendapat tekanan dari kubu sayap kanan, Partai Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD), agar mengusir semua warga Kamboja dan memboikot semua tempat judi milik pengusaha Kamboja.

Hubungan Kamboja dan Thailand tengah memanas. Pasalnya, Bangkok marah dengan langkah Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen, yang pekan lalu menunjuk mantan PM Thailand, Thaksin Shinawatra, sebagai penasihat khusus bidang ekonomi.

Padahal, sejak setahun terakhir, Thaksin menjadi buronan pemerintah Thailand setelah divonis bersalah atas kasus korupsi dan penyalahgunaan jabatan. Maka, sejak Kamis pekan lalu, 5 November 2009, kedua negara saling menarik duta besar masing-masing.

Memanasnya hubungan kedua negara membuat resah Sekretaris Jenderal Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN), Surin Pitsuwan. Menurut Surin, krisis itu bisa menurunkan kredibilitas ASEAN - di mana Thailand dan Kamboja adalah sesama anggota asosiasi itu. Padahal, para pemimpin ASEAN kini bersiap menyambut Konfrensi Tingkat Tinggi dengan Amerika Serikat (AS) di Singapura akhir pekan ini.

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike
Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024