Pemadaman Bergilir

Mengapa Listrik Bolak-balik Padam

VIVAnews - Belakangan ini sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik. Beberapa perkantoran, pusat perbelanjaan, dan industri harus menggunakan genset agar mereka tetap bisa beraktivitas. Sedangkan pelanggan rumah tangga harus rela tidak menggunakan lampu dan peralatan listrik lainnya.

Pasokan listrik di Jakarta mengalami defisit besar. PT Perusahaan Listrik Negara tidak mampu memenuhi permintaan listrik pelanggannya.

Penyebabnya tidak lain bermula dari kebakaran hebat yang terjadi di salah satu trafo Gardu Induk Cawang, Jakarta Timur, pada 29 September 2009. Peristiwa itu memadamkan sebagian besar Jakarta, termasuk di antara kawasan perkantoran, Jalan Jenderal Sudirman.

Terbakarnya trafo juga membuat sejumlah perjalanan kereta listrik Jabodetabek terlambat. Pasokan listrik tidak cukup untuk menjalankan kereta itu.

Hingga kini, kondisi listrik di Jakarta juga belum pulih. PLN Berjanji akan menyelesaikan perbaikan trafo Gardu Induk Cawang hingga pertengahan Desember. Setelah itu, diharapkan defisit listrik di wilayah Jakarta tidak terjadi lagi.

Masalah satu belum selesai, PLN sudah tertimpa musibah lagi. Pembangkit listrik tenaga gas uap Muara Karang, Jakarta, mengalami kerusakan lagi, kemarin pagi pukul 01.00.

Kondisi ini menyebabkan pemadaman di wilayah Jakarta Barat dan sebagian Jakarta Pusat. Beberapa wilayah di antaranya Bintaro, Pondok Aren, Ciledug, Cengkareng, Kamal Muara, dan Cinere.

Padahal, sepekan lalu, pembangkit yang sama juga mengalami kerusakan yang menyebabkan sebagian Jakarta Barat dan Selatan mengalami pemadaman. Kerusakan terjadi pada pukul 23.40, Senin 2 November, dan sampai sekarang belum diketahui penyebabnya.

Pembangkitan Muara Karang merupakan pembangkit listrik tenaga uap dan pembangit listrik tenaga gas uap yang dikelola PT Pembangkitan Jawa-Bali, anak usaha PLN. Pembangit ini berada di daerah Pluit, Jakarta Utara. Pembangkit Muara Karang mengoperasikan lima PLTU dan satu PLTGU dengan total kapasitas 1.200 MW.

Unit Pembangkitan Muara Karang menyuplai energi listrik di Jakarta dan sejumlah area penting, termasuk Istana Negara dan Gedung DPR/MPR.

Selain itu, beberapa kejadian juga menambah panjang daftar defisit listrik di Jakarta. Seperti kerusakan kecil pada Gardu Induk Kembangan, Jakarta Barat, dan pemeliharaan di Gardu Induk Gandul, Depok. Pemeliharaan Gardu Induk Gandul dilakukan akhir pekan lalu, sejak Jumat malam hingga Minggu malam (6-8 November).

Meski dilakukan akhir pekan saat beban punjak Jakarta berkurang, pemeliharaan gardu ini tetap menimbulkan pemadaman di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Depok.

Untuk mengatasi defisit listrik ini, PLN telah membeli listrik sebesar 37 Megawatt dari PT Bekasi Power Jababeka. PLN juga membeli 100 MW dari PT Cikarang Listrindo.

"Namun dari Cikarang Listrindo baru masuk 20 MW, sedangkan dari Bekasi Power akan masuk 14 hari lagi," kata Direktur Utama PLN, Fahmi Mochtar dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi Energi, Dewan Perwakilan Rakyat, di Jakarta, Senin kemarin, 9 November 2009.

"Ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan pasokan di sistem kelistrikan Jakarta."

Selain itu, PLN juga tengah mengerjakan pemasangan turbin yang dibeli PLN untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Muara Karang, Jakarta.

hadi.suprapto@vivanews.com

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024