Gas Langka, Revitalisasi Pabrik Jalan Terus

VIVAnews - Tersendatnya pasokan gas diperkirakan tidak menghentikan rencana revitalisasi pabrik pupuk Badan Usaha Milik Negara. Sekadar catatan, pabrik PT Pupuk Kaltim V sempat berhenti produksi karena tidak mendapatkan alokasi gas.

Namun belakangan, Badan Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) mengalirkan 80  juta kaki kubik (mmscfd) bagi pabrik Pupuk Kaltim V. Padahal kebutuhan untuk revitalisasi pabrik ini mencapai 123 juta kaki kubik atau setara 42,43 ribu per tahun.

"Jumlah pasokan gas sering tidak sesuai dengan rencana," kata Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja, induk perusahaan Pupuk Kaltim, Dadang Heru Kodri, usai rapat dengar pendapat dengan Komisi Perdagangan dan Perindustrian Dewan Perwakilan Rakyat, di Jakarta, Senin kemarin, 9 November 2009.

Misalnya, untuk revitalisasi pabrik Pusri, BP Migas memberi sinyal akan memasok gas 220 juta kaki kubik. Padahal, dalam rencana kerja Pusri membutuhkan 313 juta kaki kubik.

"Jadinya kami akan teruskan dengan pasokan gas yang ada," kata dia.

Pusri berencana akan merevitalisasi lima pabrik, yakni tiga unit fasilitas produksi urea, satu pabrik Pupuk Kaltim, dan satu pabrik PT Pupuk Kujang.

Selain itu, diusulkan untuk menambah enam pabrik baru yang terdiri dari tiga pabrik Pusri berkapasitas 2,723 juta ton per tahun, satu pabrik Pupuk Kaltim berkapasitas 1,155 juta ton per tahun, satu pabrik Petrokimia Gresik berkapasitas 570 ribu ton per tahun, dan satu pabrik Pupuk Kujang berkapasitas 908 ribu ton per tahun.

Sehingga, jumlah pabrik Pusri setelah revitalisasi akan menjadi 15 unit dengan kapasitas terpasang 10,443 juta ton per tahun.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Ironinya, di tengah kelangkaan pasokan gas, pemerintah justru menyatakan produksi gas dari proyek PT Donggi Senoro LNG terbuka untuk diekspor. Padahal, dulu saat Jusuf Kalla masih menjadi wakil presiden, dia bersikeras agar LNG dari Senoro digunakan untuk kebutuhan domestik. Kalla melarang LNG Senoro diekspor.

hadi.suprapto@vivanews.com

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024