Sinar Mas Tempatkan Wakil di Bank Century

VIVAnews - PT Sinar Mas Multiartha akan menempatkan wakilnya di manajemen PT Bank Century Tbk. menyusul akuisisi 70 persen atas saham bank tersebut.

"Kami akan tempatkan wakil di manajemen, siapa orangnya masih digodok," ujar eksekutif Group Sinar Mas, Gandhi Sulistiyanto kepada VIVAnews di Jakarta, Minggu malam, 16 November 2008.

Dia juga belum mengetahui secara pasti berapa nilai akuisisi 70 persen saham
milik PT Century Mega Investindo dan First Gulf Asia Holdings Ltd di Bank Century. Yang jelas, Sinar Mas telah mendatangi Letter of Intent (LoI) pada Minggu 16 November 2008. "Kami akan tindak lanjuti kemudian," ujar Gandhi.

Menurut dia, Grup Sinar Mas yang memiliki Bank Shinta yang diubah menjadi Bank Sinar Mas memang berkepentingan untuk mengakuisisi Bank Century yang mempunyai aset Rp 15,2 triliun tersebut. Namun, ia belum memastikan apakah dalam jangka panjang, Sinar Mas akan menggabungkan kedua bank tersebut. "Yang jelas ini bisa bersinergi dengan lembaga keuangan di Sinar Mas," katanya.

Pada Minggu, 16 November, Bank Century meneken letter of intent dengan Sinar Mas Multiartha untuk akuisisi 70 persen saham. Selanjutnya, proses akuisisi lainnya juga akan dipercepat, termasuk proses permohonan persetujuan dari pihak regulator terkait dan persetujuan para pemegang saham.

Bank Century nyaris limbung setelah pekan lalu terlambat menyetorkan prefund atau dana cadangan untuk mengantisipasi jika ada masalah mismatch dalam transaksi kliring.

Karena itu, Bank Indonesia pun melarang Century mengikuti kliring. Untuk mengantisipasi imbas peristiwa ini, Bank Century mengajukan fasilitas pinjaman jangka pendek kepada Bank Indonesia, khususnya jika ada penarikan dana oleh nasabah.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024