Pelanggan Besar PLN Diimbau Pakai Genset

VIVAnews - Pemerintah mengimbau kepada konsumen besar PT Perusahaan Listrik Negara agar menggunakan genset sendiri guna mengurangi beban di sistem kelistrikan Jakarta.

Saat ini wilayah Jakarta sedang mengalami defisit listrik. Ini menyusul terbakarnya trafo di Gardu Induk Cawang beberapa waktu lalu, sehingga sering terjadi pemadaman.

Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi J Purwono mengatakan, saat ini PT Perusahaan Listrik Negara sebagai pemegang kuasa usaha ketenagalistrikan tengah melakukan koordinasi dengan para pelanggannya.

"Kami mengimbau kepada industri, hotel, dan mal agar menggunakan listrik sendiri dulu," kata Purwono di Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Senin 9 November 2009.

Menurut dia, jika pelanggan-pelanggan besar bersedia menggunakan genset, PLN dapat menghemat daya. Dampaknya, PLN bisa tidak melakukan pemadaman terhadap pelanggan rumah tangga hingga selesainya perbaikan gardu induk Cawang.

Purwono mengatakan, perbaikan Gardu Induk akan selesai pada pertengahan Desember. Setelah itu, pemadaman diharapkan tidak terjadi lagi. "Saat ini PLN mencukupi kebutuhan listrik dengan membeli dari swasta," katanya.

Purwono juga menjelaskan, dengan terjadinya  pemadaman akhir-akhir ini PLN harus memberikan kompensansi berupa potongan sebesar 10 persen dari beban pokok produksi (BPP) yang dikeluarkan industri. "Pemberian kompensasi sudah ada di Peraturan Menteri," tuturnya.

hadi.suprapto@vivanews.com

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung
Isa Bajaj.

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

Putri Isa Bajaj yang bernama Ceria baru saja mengalami kejadian tak menyenangkan ketika sedang bermain di sekitar Alun-alun Magetan, Jawa Timur. Anaknya alami kekerasan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024