Obligasi Subordinasi Mandiri Bakal Laris

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) optimistis penerbitan obligasi subordinasi sebesar Rp 3 triliun akan terserap penuh. Bank Mandiri sendiri sudah mendapatkan penawaran pemberian obligasi sebesar Rp 1 triliun.

EVP Coordinating Finance and Strategy Bank Mandiri Pahala Mansyuri menuturkan, pada saat melakukan pre marketing, sambutan dari investor cukup baik. Permintaan itu berasal dari perusahaan asuransi, dana pensiun, BUMN asuransi, dan perusahaan asuransi swasta.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

"Ada beberapa yang sudah berpatisipasi," kata dia di Jakarta, Minggu, 8 November 2009.

Beberapa waktu yang lalu, PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) juga menyatakan minatnya kepada obligasi subordinasi Bank Mandiri sebesar Rp 500 miliar-Rp 1 triliun.

Menurut Pahala, dari sisi timing, obligasi itu akan disambut pasar karena tren suku bunga yang menurun. Apalagi, suku bunga deposito pada Desember turun menjadi tujuh persen.

"Dari proses book building (pembentukan harga), sekuritas lokal bahkan ada yang menyatakan minat membeli Rp 1 triliun," ujar Pahala.

Seperti diketahui, Bank Mandiri akan menerbitkan obligasi subordinasi I sebesar Rp 3 triliun. Tingkat kupon yang ditawarkan bekisar 10,75-12 persen. Obligasi bertenor 7 tahun ini mendapat peringkat AA+ dari Pefindo, atau menjadi peringkat rating tertinggi untuk obligasi subordinasi.

Book building sendiri dilakukan 6-19 November 2009 dan pernyataan efektif dari Bapepam-LK diharapkan 1 Desember 2009. Untuk masa penawaran diperkirakan 3-7 Desember 2009, dengan masa penjatahan 8 Desember 2009.

Bertindak sebagai penjamin emisi adalah PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Trimegah Securities.

antique.putra@vivanews.com

Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024