Rumah Sakit Dituntut Kembangkan Penelitian

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih berharap rumah sakit dapat menjadi media penelitian dan pendidikan, serta mampu meningkatkan kualitas pelayanan medik.

Tiga fungsi tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan millenium development goals (MDGs) yang lebih baik.
 
Pada era saat ini, berbagai virus baru muncul, sehingga memerlukan penanganan yang lebih serius, komprehensif, dan terbaru.

"Munculnya varian virus baru menuntut rumah sakit untuk mengantisipasi melalui penelitian," kata Endang Rahayu Sedyaningsih pada sambutannya di acara peringatan hari ulang tahun RSUP Persahabatan ke-46 di Jakarta, Sabtu 7 November 2009.

Endang mengungkapkan, rumah sakit memiliki akses spesimen untuk mengembangkan penelitiannya. Hasil dari penelitiannya tersebut dapat digunakan untuk mendukung pelayanan medik mulai dari preventif hingga kuratif.
 
Pemberi pelayanan, menurut dia, harus bertindak cepat dan tepat untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri dan sehat.
 
Selain itu, pihak rumah sakit harus memberi pendidikan kesehatan yang lengkap kepada masyarakat. Sebab, masyarakat sebagai obyek program pemerintah juga berperan sebagai subyek.

"Strategi utama program Depkes adalah memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat," ujarnya.
 
Dia menegaskan, pemerintah makin menggalakkan program kesehatan bagi masyarakat. Selain dengan menuntut peningkatan pelayanan medik dan fungsi rumah sakit, tiap individu masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif melalui program jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas).

Program tersebut nantinya akan berkembang menjadi jaminan kesehatan nasional (jamkesnas), yang berarti perlindungan asuransi bagi tiap masyarakat, termasuk golongan miskin.
 
"Apalagi, konferensi dunia beberapa waktu lalu telah mencanangkan 2015 sebagai tahun millenium bagi dunia kesehatan," ujarnya.

arinto.wibowo@vivanews.com

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024