Perpanjangan Usia Hakim Agung

Kongres Advokat Dukung Bagir

VIVAnews – Di tengah tentangan publik terhadap rencana perpanjangan usia hakim agung sampai 70 tahun dalam revisi UU Mahkamah Agung, dukungan datang dari Kongres Advokat Indonesia (KAI). Presiden KAI Indra Sahnun Lubis mengatakan seharusnya batas usia hakim agung lebih dari 70 tahun.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Indra Sahnun beralasan, regenerasi Mahkamah tidak penting. ”Kalau hakim-hakim muda, usia 60 tahun masuk, korupsi justru akan berjalan terus di Mahkamah,” tambahnya kepada wartawan sebelum menemui Komisi Hukum Dewan di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis, 25 September 2008.

Indra mengatakan dalam usia 70 tahun, kemampuan berpikir seseorang justru lebih dewasa, arif, dan bijak. Indra mencontohkan Adnan Buyung Nasution, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, yang justru lebih vokal saat usianya di atas 70 tahun. ”Jadi jangan dikatakan mereka pikun,” katanya.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Soal integritas, Indra mengatakan para hakim agung yang saat ini masih menjabat relatif bersih. ”Termasuk Bagir Manan, apalagi dia masih 67 tahun,” tambahnya.

Menurut Indra, tugas pemerintah untuk meningkatkan kesehatan para hakim agung. ”Kalau memang tidak sehat lagi, bisa diganti, dan di-impeach,” katanya.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Rencana memperpanjang usia hakim agung yang menurut UU No 5 Tahun 2004 tentang Mahkamah Agung hanya sampai 65 tahun atau bisa diperpanjang sampai 67 tahun dengan persyaratan khusus, tak hanya datang dari kalangan LSM, namun juga dari mantan-mantan hakim agung yang sudah pensiun. ”Para hakim agung yang menolak itu, sakit hati sama Mahkamah,” katanya, menanggapi.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024