UNTR, Adaro, dan Komatsu Garap Biodiesel

VIVAnews - PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan Komatsu Ltd berniat memproduksi biodiesel fuel (BDF) pada Maret 2010. Guna memuluskan rencana tersebut, ketiga perusahaan telah menandatangani perjanjian proyek tersebut.

BDF yang diproduksi berasal dari tanaman jatropha dan tanaman bahan baku (feedstock plants).

Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K Loebis menjelaskan, kerja sama dilakukan untuk mencapai operasi tambang ramah lingkungan yang berkelanjutan di area konsesi pertambangan anak usaha Adaro, PT Adaro Indonesia.

Sara menambahkan, proyek tersebut berpotensi mengurangi 20 ribu ton emisi CO2 atau kurang lebih setara dengan 10 persen emisi CO2 yang dihasilkan pabrik Komatsu di Jepang.

Hal itu terjadi berdasarkan asumsi jika 20 persen dari bahan bakar diesel untuk 100 unit dump truk Komatsu diganti dengan BDF, akan menghabiskan delapan ribu ton BDF tiap tahun.

"Kami berharap bisa mengoperasikan 100 unit dump truk Komatsu pada 2012," kata dia pada siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Kamis 5 November 2009.

Pada proyek tersebut, Komatsu akan mengoperasikan dump truk Komatsu berbahan bakar BDF yang berkapasitas angkut hingga 90 ton. Proyek BDF akan dilakukan pada tambang batu bara Adaro di Kalimantan.

"Pada kerja sama tersebut, United Tractors akan menyediakan jasa pelayanan dan perawatan (product support) truk Komatsu yang menggunakan BDF," kata Sara.

United Tractors merupakan distributor alat berat merek Komatsu di Indonesia.

Pada kerja sama tersebut, Sara menjelaskan, Adaro akan menanam jatropha serta tanaman bahan baku pada area reklamasinya.

Pada lahan tersebut, BDF akan diproduksi dari bibit atau buah jatropha untuk digunakan oleh dump truk Komatsu yang beroperasi di tambang batu bara Adaro.

Komatsu akan mendirikan pabrik BDF berkapasitas produksi sebesar 1-2 ton per hari. Selain itu, perusahaan membangun laboratorium untuk menjamin kualitas BDF yang diproduksi di tambang batu bara Adaro.

"Komatsu juga akan memberi garansi operasi atas truk Komatsu yang memakai bahan bakar tersebut pada proyek ini," tutur Sara.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Direktur Utama United Tractors Djoko Pranoto, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Komatsu Ltd Kunio Noji, dan Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir.

arinto.wibowo@vivanews.com

Mahfud MD Jelaskan Alasan Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres di KPU
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Berkelakar Singgung Senyuman Berat, Anies: Kan Beliau yang Alami, Kita Biasa Aja

Prabowo dalam pidato di KPU menyinggung Anies dan Cak Imin karena melemparkan senyuman yang berat lantaran pernah mengalami kondisi yang sama.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024