Batal IPO, PTPN VII Gandeng 3 BUMN

VIVAnews - Batal merealisasikan rencana penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham tahun ini, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII bakal menggalang kerja sama investasi dengan tiga perusahaan pelat merah yaitu PT Pupuk Sriwijaya, PTPN III, dan PTPN IV.

"Kami lebih baik mengembangkan aliansi strategis dengan yang lain," kata Direktur Utama PTPN VII Andi Punoko di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 5 November 2009.

Menurut Andi, kerja sama yang dikembangkan tersebut berupa pembangunan pabrik pupuk organik, pengembangan biodiesel, dan bioethanol bekerja sama dengan pihak dari Jepang.

Untuk ketiga proyek tersebut, dana investasi yang diperlukan sekitar Rp 1 triliun. "Untuk proyek dengan Jepang dananya berupa block grant," ujarnya.

Pengembangan bioethanol direncanakan dilakukan dengan mendirikan pabrik berkapasitas 100 ribu kiloliter per tahun. Sementara itu, untuk pabrik ethanol diharapkan mampu memproduksi sebanyak 100 ribu kiloliter per tahun.

Pembangunan pabrik pupuk organik pada tahap awal dirancang untuk memproduksi sebanyak 150 ton per hari. Pada proyek kerja sama itu, PTPN berencana menyediakan lahan serta memasok bahan baku.

"Rencana pembangunan seluruh proyek diharapkan dilakukan mulai 2010 dan pabrik pupuk dapat beroperasi pada 2011 atau setelah proses pembangunan 18 bulan," kata dia.

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

arinto.wibowo@vivanews.com

Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024