Kasus Pengadaan Alat Pemadam Kebakaran

Alat Pemadam Diterima Sebelum Kontrak Diteken

VIVAnews - Rekanan pengadaan mobil pemadam kebakaran provinsi Jawa Tengah menghadirkan barang sebelum penawaran disetujui oleh panitia pengadaan.

"Tiga mobil pemadam kebakaran sudah terparkir di halaman kantor gubernur sebelum kontrak ditandatangani,"  kata mantan Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 5 November 2009.

Mardiyanto mengaku meminta rekanan Hengky Samuel Daud untuk memindahkan ketiga mobil pemadam tersebut. Mulanya, kata dia, Hengky mendatanginya pada tahun 2003. "Buat sesuai prosedur, silahkan menemui sekda atau kepala biro pengadaan," jelas Mardiyanto.

Ia menambahkan dalam pertemuan itu Hengky mengatakan ada jaminan dari Departemen Dalam Negeri. "Daud mengatakan ada surat radiogram dari yang saya ketahui kemudian ditandatangani oleh Dirjen Otda," jelas Mardiyanto.

Ia tengah bersaksi dalam kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran di 22 kota dan provinsi Indonesia. Terdakwa dalam kasus ini adalah Hengky Samuel Daud selaku Direktur PT Istana Sarana Raya.

Mardiyanto mengatakan usai pertemuan tersebut dirinya memerintahkan sekertaris daerah melalui disposisi untuk meneliti penawaran Hengky itu. Hasil penelaahan sekda kemudian menunjukkan pemerintah provinsi tidak membutuhkan mobil tersebut. "Pemerintah provinsi tidak perlu mengadakan," kata dia.

Namun, lanjut Mardiyanto, ada permintaan resmi dari kabupaten Sragen agar pemerintah provinsi membelikan mobil pemadam kebakaran. "Bupati Sragen mencatumkan radiogram dalam permintaan," kata dia. Ternyata, lanjut Mardiyanto, pengadaan bertambah untuk Kota Semarang dan Rembang. "Semarang karena intensitas penggunaan mobil pemadam kebakaran tinggi dan rembang PADnya sedikit," jelas dia.

Adapun Mardiyanto menjelaskan pengadaan tersebut menggunakan pos anggaran bantuan gubernur untuk kabupaten dan kotamadya. Jaksa Rudi Margono mempertanyakan penggunaan tersebut. "Pos itu memang khusus diadakan untuk membantu," kata dia.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024