Portal Web

Plasa.com Akan Jadi ‘Amazon.com’

VIVAnews - Seperti VIVAnews kabarkan sebelumnya, Telkom akan melakukan perombakan pada Plasa.com. Perubahan yang dilakukan oleh Telkom terhadap portal web-nya itu ternyata sudah dipersiapkan sejak lebih dari 1,5 tahun lalu.

“Saya sudah pelajari model-model bisnis serupa, baik dari Korea dan negara-negara tetangga lainnya,” kata Rinaldi Firmansyah, Direktur Utama Telkom, saat peluncuran Mojopia, perusahaan yang akan mengembangkan bisnis e-commerce Telkom di Jakarta, 5 November 2009.

Rinaldi menyebutkan, investasinya berlaku di skala medium-long term. Dan untuk membuat sebuah model bisnis yang matang, studi, survey, dan kalkulasi yang akurat diperlukan.

“Untuk memulai sebuah bisnis, jangan takut ambil risikonya. Kalau ada potensi dan menjanjikan, kenapa tidak kita mulai,” kata Rinaldi. “Ini bukan niatan sesaat yang muncul hari ini dan pengin bikin secepatnya, besok selesai. Ini sudah dipikirkan selama 1,5 tahun. Dan, trennya memang menjanjikan,” ucap Rinaldi.

“Meski belum bisa disebutkan volume transaksinya, tetapi kami ingin ada satu juta barang dari seribu merchant yang dijual di portal tersebut,” kata Shinta Dhanuwardoyo, Chief Executive Officer Metra-Net, partner Telkom dalam mengembangkan portal yang bersangkutan.

“Kita sudah lakukan benchmark study, semua kalangan, kalangan unit menengah kecil sampai ibu rumah tangga, mereka kesulitan untuk mencari platform yang memfasilitasi barang dagangan mereka,” kata Shinta.

Sejak ada situs jejaring sosial, Shinta menyebutkan, masyarakat mulai memanfaatkannya sebagai fasilitas transaksi jual beli,” kata Shinta. “Hal ini yang mendorong kami untuk melahirkan sebuah website lokal sebagai fasilitas pasar online bercita rasa lokal pula,” ucap Shinta.

“Mungkin konsep kita akan seperti Amazon. Untuk e-payment nanti juga akan kita berikan opsi, credit card, transfer interbank, dan lain-lain,” kata Shinta. “Tetapi memang sejauh ini, masyarakat kita masih sering melakukan transaksi via transfer bank,” ucapnya.

Shinta menyebutkan, salah satu yang juga menjadi tujuannya adalah trusted indo online shopping. “Trusted, itu adalah kuncinya, yang kita andalkan,” kata Shinta. “Ini yang akan membedakan kita dengan portal-portal sejenis lainnya,” ucapnya.

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore
Vespa Bersolek di Jakarta Fashion Week 2024

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Baru-baru ini, 5 unit motor Vespa tampil bergaya di Runway Indonesia Fashion Week 2024 bersama para model.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024