BI Perkirakan Inflasi Tahun Ini Cuma 3 %

VIVAnews - Bank Indonesia memperkirakan inflasi tahun ini akan mencapai
3 persen. Angka itu dibawah target inflasi sebesar 4,5 persen.

"BI memprediksi inflasi di bawah 4 persen," kata Deputi Gubernur Senior BI Darmin Nasution sebelum rapat kabinet di Kantor Presiden di Jakarta Kamis 5 November 2009.

Rendahnya inflasi itu yang membuat BI masih mempertahankan suku bunga BI Rate sebesar 6,5 persen.

Sebelumnya BI memandang, dari sisi harga, inflasi pada Oktober 2009 mencatat penurunan dan lebih rendah dibanding dengan pola historisnya.
Hal ini didukung oleh menguatnya nilai tukar rupiah, dan menurunnya ekspektasi masyarakat akan inflasi ke depan seperti tercermin dari terus menurunnya inflasi inti.

Sementara untuk inflasi 2010 diperkirakan akan kembali ke pola normalnya dalam kisaran 5± 1 persen seiring dengan kembali menguatnya aktifitas perekonomian domestik dan harga-harga komoditas.

Badan Pusat Statistik Nasional mencatat sepanjang Oktober 2009 telah terjadi inflasi sebesar 0,19 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,68. Laju inflasi tahun kalender (Januari-Oktober) 2009 sebesar 2,48 persen, sedangkan laju inflasi year on year (Oktober 2009 terhadap Oktober 2008) sebesar 2,57 persen.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024