DPR Dorong Kasus Century, KPK Tunggu BPK

VIVAnews - salah satu kasus yang ditanyakan anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah dana talangan Bank Century.

Salah satu anggota DPR dari fraksi PAN, Catur Sapto Edi, KPK tidak perlu menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). "Kami mendorong ini karena Presiden kan sudah bilang tuntaskan, dibuka," kata Catur di gedung DPR Jakarta, Rabu 4 November 2009.

Ia menambahkan jika KPK sudah memiliki petunjuk awal dalam kasus itu, DPR mendorong agar KPK tidak perlu menunggu audit BPK yang diperkirakan baru rampung akhir tahun ini. "Kalau tunggu-tungguan begitu, tidak akan jalan," sambungnya.

Catur yakin KPK memilih data yang tidak dimiliki BPK sehingga tetap bisa jalan tanpa audit BPK. Jika audit itu nanti keluar, kata dia, KPK bisa menggunakannya sebagai pembanding. "Kalau masalah Century ini terang, Pemerintah akan tertolong juga," kata dia.

Sementara Pelaksana Tugas Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tumpak Hatorangan menyatakan KPK tetap akan menunggu audit BPK. "KPK masih dalam tahap penyelidikan sehingga tidak bisa diungkapkan kepada anggota dewan sekalipun," kata Tumpak.

Jika nanti kasus ini naik ke penyidikan, KPK akan membuka kepada publik. "Penyelidikan itu tidak bisa disebarkan."

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei
Chandrika Chika

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba

Saat itu ibunda Chandrika Chika berharap putrinya bisa lebih selektif dalam memilih teman pergaulan. Sebab berdasarkan penuturan Chika, dia ingin masuk ke semua pergaulan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024