21 Finalis IWIC 2009

VIVAnews - PT Indosat Tbk (Indosat) mengumumkan 21 finalis terpilih pada Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2009. Kompetisi tersebut merupakan kompetisi inovasi tahunan yang diselenggarakan Indosat di bidang teknologi nirkabel.

Adapun juri yang terlibat pada tahun ini terdiri dari Tim Penilai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Prof Suhono Haryosupangkat (Guru Besar Teknologi Informasi ITB), AW Subarkah (wartawan senior Kompas), Pamungkas Tris Hadiatmoko (vendor telekomunikasi) serta Tim Business Development Indosat dan Tim Gaming & Content Indosat.

Setelah penutupan penerimaan karya lomba pada 20 Oktober lalu, seluruh juri telah memutuskan 21 karya dan nama sebagai finalis dari hampir 300 karya yang masuk dari dua kategori dan empat sub kategori yang dikompetisikan, termasuk sub-kategori terbaru yaitu Android based Application.

Dilansir dari keterangan resmi Indosat yang diterima VIVAnews, Selasa 4 November 2009, finalis terpilih tersebut adalah sebagai berikut:

- Kategori Business & Commerce
Farian Hadi Saputra, Malang (konsep: MIDlet Wireless Mall Navigation)
Sandy Marly Colondam, Jakarta (CLIG)
Arie Wahyuningtyas, Mojokerto (TASYIK)
Aditya Rizkiadi Chernadi, Bandung (E Toll Payment)

- Social Networking
Rizki Yulianto, Jakarta (Pingberry)
Fajar Endra Nusa, Bali (BukuQ)
Rudy Wijanarko, Jakarta (Wishbox)
Lukman Hadi ST, Bandung (Community Messenger)

- Learning & Education
Indah Palupi Damayanti, Malang (Role Playing Game)
M. Fatkhul Amin, Jakarta (iSemesta)
Supadi, Lampung (Aplikasi Media Informasi Digital Potensi Budaya Indonesia Berbasis Mobile)
Rizky Syaiful, Depok (Realtime Teaching Evaluator)

- Android-Based Application
Muhammad Rayhan, Bandung (Visit Indonesia 2.0 Android BA)
Ahmy Yurlizka, Bandung (Amboja)
Andry, Bandung (Ultraport)
Yoga Aribowo, Depok (Pocket Order)

Ajang IWIC 2009 ini diselenggarakan dalam dua kategori, yaitu kategori Mobile Wireless Application dan Research and Development in Wireless Technology.

Mobile Wireless Application ditujukan bagi perorangan atau individu, mahasiswa dan masyarakat umum dengan beberapa sub kategori.

Kategori Business and Commerce, aplikasi yang terkait langsung dengan lingkup bisnis dan komersial, seperti aplikasi dalam mobile advertising, mobile tracking and navigation, mobile payment, dan semacamnya.

Untuk kategori Social Networking, aplikasi yang terkait dengan aktivitas jejaring sosial, misalkan pengembangan dari aplikasi jaringan sosial yang telah ada, salah satu contohnya IM.

Sementara Learning and Education, aplikasi yang terkait aktivitas pendidikan, seperti aplikasi untuk mobile learning.

Sedangkan, Android Based Application, berbagai aplikasi untuk aktivitas business dan commerce berbasis platform Google Android, misalnya Unified Communication, mobile advertising, mobile tracking & navigation, mobile payment, maupun yang terkait dengan kegiatan traveler/ roaming.

Seluruh finalis selanjutnya akan mengikuti babak final yang akan diselenggarakan pada 19 November 2009, yang mana di hari tersebut juga dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Airlangga: Implementasi EUDR jelas akan melukai dan merugikan komoditas perkebunan dan kehutanan yang begitu penting buat kami seperti kakao, kopi, karet, produk kayu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024