Pasang Tiba, Petambak Cilincing Merana

VIVAnews - Air pasang atau rob yang menyerang kawasan di Jakarta Utara membuat petambak di Marunda, Cilincing merana. Ratusan ribu benih ikan bandeng dan udang yang ditebar dua bulan lalu hanyut terbawa air pasang.

Sejumlah petambak mengaku rugi hingga Rp 75 juta. Selain merusak sejumlah rumah warga, air pasang yang melanda kawasan Marunda juga membuat 15 tambak tergenang.

Padahal, petambak baru menanam sekitar 5000 ekor benih ikan bandeng dan udang yang dibeli seharga Rp 2,5 juta.

Seperti dikutip, situs Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Oncim, 45 tahun, petambak bandeng, mengatakan, dua bulan ini ia menebarkan benih bandeng sebanyak 5000 ekor di lahan tambak seluas 1,5 hektar. Namun rencana panen yang tinggal dua bulan lagi pupus sudah dihempas air pasang.

"Satu petambak bisa merugi Rp 5 hingga Rp 7 jutaan, soalnya modalnya saja sudah Rp 2,5 juta untuk benih dan pakannya " tutur Oncim.

Meski demikian, Oncim mengaku masih bisa menyelamatkan ratusan ekor benih ikan bandeng.  "Ya paling hanya sekitar ratusan ekor," katanya. 
 
Hal senada juga disampaikan Purnomo, 52 tahun. Tambak udang dan bandeng yang dimilikinya juga tergenang hingga bibit yang sudah dewasa ikut hanyut. Padahal dua bulan lagi akan dipanen.

Meskipun bisa menyelamatkan beberapa ratus ekor udang dan bandengnya, namun tetap saja Purnomo merugi. "Mau gimana lagi, namanya musibah," lirihnya.

Sejumlah warga mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah Sebelumnya, warga sudah menuntut agar pemerintah membuat tanggul permanen di sekitar pantai. "Boro-boro bantuan, (pemerintah) datang saja tidak, " tutur Masni, salah satu warga.

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.(B.S.Putra/VIVA)

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

Penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi dan suap seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah deng

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024