Kliring Bank Century Bermasalah

Penjaminan Penuh Dana Nasabah Sudah Mendesak

VIVAnews - Penjaminan penuh (blanket garantee) mendesak dilakukan agar nasabah bank merasa aman. Dalam kasus Bank Century yang tidak bisa mengikuti kliring, nasabah mulai panik.

Apalagi mereka mendapati kenyataan sulit mencairkan simpanan mereka, meski hanya puluhan juta. Pemerintah hanya menjamin 98 persen nasabah bank yang memiliki uang maksimal Rp 2 miliar. Sedangkan dua persennya lagi tidak dijamin.

Padahal sejumlah negara seperti Korea Selatan, Hong Kong, Australia, Malaysia dan Singapura sudah menjamin 100 persen dana nasabahnya.

Ketua Perbanas Sigit Pramono mengatakan penjaminan penuh ini penting untuk keamanan. "Itu agar nasabah tidak memindahkan tabungannya ke negara yang menjamin penuh," ujarnya di Jakarta, Kamis 13 November 2008.

Chief Economist BNI Tony A Prastyantono juga berpendapat satu instrumen yang bisa mengawal rupiah adalah blanket garantee.

"Sekarang yang terjadi, dinamika pasar begitu cepat. Malaysia dan Singapura merespon cukup cepat setelah Hongkong. Orang indonesia bisa saja pindah cepat ke Singapura atau Malaysia," ujarnya.

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel
Ekspresi ibunda Chandrika Chika jadi sorotan netizen usai putrinya ditangkap

Netizen Soroti Ekspresi Ibu Chandrika Chika Usai Putrinya Ditangkap Narkoba: Bahagia Banget

Kasus penangkapan Chandrika Chika yang kini jadi tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba menjadi pembicaraan di dunia jagat maya. Ekspresi sang ibu juga disorot.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024