Nasib Mantan Presiden Taiwan

Chen Pasrah Tinggal di Penjara

VIVAnews - Mantan presiden Taiwan, Chen Shui-bian, mengaku pasrah atas penahanannya. Chen, yang terjerat kasus korupsi,  Rabu kemarin mengatakan tidak akan mengajukan banding atas penahanannya.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Menurut Chen, pemenjaraan atas dirinya merupakan “skenario permainan yang telah ditulis”. Mantan pemimpin berusia 59 tahun tersebut sebelumnya telah menyatakan bahwa pemerintahan yang sedang berkuasa di Taiwan memang berniat menahan dia karena alasan politik.

Chen kini ditahan di sel khusus di penjara di Taipei. Sepanjang Rabu kemarin dia menolak makanan yang disodorkan petugas.

Menurut pengacara Chen, Tseng Wen-long, seperti yang dikutip dari harian The Washington Post edisi Kamis, 13 November 2008, Chen memang sudah berniat melakukan mogok makan di penjara. Tseng mengatakan akan mengunjungi Chen hari ini untuk memaksa Chen menyantap makanan. Pihak penjara belum memberikan komentar apapun terkait mogok makan Chen.

Chen resmi ditahan pada hari Rabu, 12 November 2008. Pengadilan menuduh Chen - yang memerintah Taiwan selama tahun 2000-2008 - terlibat dalam kasus pencucian uang, penggelapan dana pemerintah, menerima suap, dan memalsukan dokumen.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Walaupun Chen menyangkal semua tuduhan tersebut, tetapi pengadilan punya bukti-bukti kuat atas keterlibatan Chen. “Ada bukti-bukti cukup tentang pemalsuan, dan lainnya, termasuk bukti akan adanya konspirasi antara tersangka dan para saksi,” kata sebuah sumber di pengadilan.

Salah satu tuduhan yang dihadapi Chen adalah penggelapan dana pemerintah sejumlah 14,8 juta dolar Taiwan (lebih dari lima miliar rupiah). Chen beserta istri, anak, dan menantunya juga menjadi tergugat dalam kasus berbeda, yaitu pencucian uang. Jaksa penuntut mengatakan bahwa pada tahun 2007, uang sejumlah US$ 21 juta dikirim ke rekening bank di Swiss milik menantu Chen. Sejak itu, dana tersebut dibekukan.

Hingga saat ini, total ada delapan orang yang ditahan terkait skandal yang melibatkan mantan keluarga nomor satu Taiwan. Mereka adalah Chen, saudara ipar Chen, dan beberapa asisten terdekat Chen. Penahanan Chen merusak reputasinya sendiri sebagai politisi terbersih di Asia satu dekade lalu.

Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024