Bibit: Susno Beritahu Sudah Temui Anggoro

VIVAnews - Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI, Komisaris Jenderal Susno Duadji, diketahui bertemu dengan Anggoro Widjojo, buronan Komisi Pemberantasan Korupsi, di Singapura.

Pertemuan itu diketahui KPK langsung dari Susno saat mendatangi KPK pada 15 Juli 2009. "Saat itu kita kaget juga dan kita tidak banyak komentar, dia saja yang cerita panjang," kata kata Bibit kemarin.

Menurut Bibit, pemberitahuan itu merupakan serangan paling keras yang diterima KPK. Karena Anggoro sudah masuk daftar pencarian orang sejak 7 Juli 2009. "Tapi 10 Juli Kabareskrim ke sana," ujarnya.

Bibit menjelaskan, kedatangan Susno ke KPK pada 15 Juli 2009 itu dalam rangka mengklarifikasi isu pimpinan KPK akan ditangkap. "Saat itu dia menjelaskan itu tidak benar," ujarnya. "Dia (Susno) menyatakan KPK sudah tidak ada unsur suapnya."

Menurut Bibit, saat itu, Susno menyatakan polisi akan menangkap Ary Muladi, orang dekat Anggodo Widjojo. Ary Muladi saat itu berstatus buronan polisi.

"Tapi saya tidak menyangka telah dikondisikan, dan saat ini saya menjadi tersangka," ujar purnawirawan polisi itu.

Bibit bersama rekannya Chandra M Hamzah sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh Mabes Polri. Bibit dan Chandra pertama kali ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan wewenang. Mereka dituduh telah menyalahgunakan kewenangan saat mengeluarkan surat cekal terhadap bos PT Masaro Radiokom, Anggoro Widjojo dan mencabut cekal bos PT Era Giat Prima, Joko Soegoarto Tjandra.

Penyidikan berlanjut, polisi kemudian juga menduga dua pimpinan KPK nonaktif itu terlibat dalam kasus penyuapan. Mereka diduga menerima sebagian uang suap dari Anggoro Widjojo.

Anggoro saat ini sudah berstatus tersangka kasus pengadaan Sistem Komunikasi Radio Terpadu di Departemen Kehutanan. Anggoro kini juga berstatus sebagai buronan.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024