Indeks Saham di Bursa Asia Pasifik Melemah

VIVAnews - Indeks harga saham di sejumlah bursa utama Asia Pasifik melemah dalam perdagangan Selasa, 11 November 2008, menyusul kabar buruk tentang kondisi perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Indeks Nikkei 225 Jepang ditutup turun 272,1 poin (3 persen) ke level 8.809,3 setelah jatuh lebih dari 4 persen dalam sesi perdagangan pagi. Indeks Topix berkurang 27,3 poin (3 persen) ke level 889,36.

Menurut stasiun televisi CNN, Selasa 11 November 2008, indeks Kospi Korea Selatan jatuh sekitar 2 persen. Indeks Straits Times Singapura menurun hampir sebesar 3 persen. Indeks All Ordinaries Australia ditutup menurun sebesar 3,4 persen.

Padahal, pada perdagangan Senin kemarin, bursa saham global menunjukkan peningkatan berkat dikeluarkannya paket dana talangan dari pemerintah Cina sebesar US $ 586 miliar. Para investor berharap dana tersebut dapat mencegah perekonomian dunia jatuh ke resesi yang lebih dalam lagi.

Namun kabar baik dari Cina itu ternyata dikalahkan oleh kekhawatiran para investor akan masa depan beberapa perusahaan yang mengalami masalah keuangan, seperti asuransi American International Group (AIG) yang lagi-lagi mendapat pinjaman darurat dari pemerintah AS. Perusahaan-perusahaan otomotif Amerika pun kabarnya mengajukan permohonan pinjaman. Selain itu perusahaan jasa ritel barang-barang elektronik, Circuit City, di ambang kebangkrutan.

Perusahaan pembuat mobil, General Motors (GM), Jumat pelan lalu  mengumumkan pengurangan laba sebesar US$ 2,5 miliar dalam kuartal ketiga. Saham GM turun sebesar 23 persen, level yang belum pernah terjadi sejak Perang Dunia II.

Selain itu, perusahaan pengiriman barang DHL akan memecat 9.500 karyawannya, dan jaringan kedai kopi Starbucks melaporkan penerimaan laba menurun daripada yang diperkirakan sebelumnya. Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa 1,2 juta karyawan dari berbagai perusahaan di AS telah dipecat sepanjang tahun 2008 ini.

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo
Real Madrid vs Manchester City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Manchester City akan menjamu Real Madrid dalam babak Perempat Final Liga Champions leg kedua di Stadion Etihad pada Kamis dini hari nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024