Transisi Presiden Baru AS

Istri Obama Diajak Berkeliling Gedung Putih

VIVAnews - Dari dapur hingga ke Ruang Tidur Lincoln. Dari ruangan bersejarah yang satu ke kamar tidur di mana putri-putrinya akan terlelap. Demikian tur yang dilakukan istri presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Michelle Obama, di Gedung Putih, Senin siang, 10 November 2008 waktu setempat (Selasa dini hari WIB).

Tur Michelle di kediaman resmi presiden AS dan keluarga, yang meliputi 33 ruangan, dipandu langsung oleh Laura Bush. Dia adalah seseorang yang sangat mengenal tiap sudut di Gedung Putih. Sebagai istri Presiden George W. Bush, Laura adalah perempuan yang telah menghuni Gedung Putih selama hampir delapan tahun.

Michelle Obama dan kedua putrinya, Malia (10) dan Sasha (7), pernah berkunjung ke Gedung Putih ketika Barack Obama terpilih sebagai anggota Senat tahun 2004. Saat itu, Michelle tidak mempunyai prasangka sedikitpun bahwa tempat itulah yang akan dihuninya suatu hari nanti.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Sekarang, Michelle hanya tinggal menghitung hari untuk pindah ke situ.  “Laura membawa Michelle berkeliling ke tiap ruangan di Gedung Putih,” kata juru bicara Sally McDonough, juru bicara Ibu Negara. “Mereka berbincang tentang anak-anak mereka dan juga tentang kehidupan di Gedung Putih,” lanjut McDonough.

Dalam tur keliling ruangan yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, Laura Bush berbagi pengalaman membesarkan kedua anak kembarnya, Jenna dan Barbara yang kini berusia 26 tahun. Usia Malia dan Sasha kira-kira sama dengan usia Jenna dan Barbara saat pertama kali mengunjungi kakek mereka yang menjabat sebagai presiden AS ke-41, George H. W. Bush. 

Juru bicara Michelle, Stephanie Cutter, mengatakan bahwa Ibu Negara mendatang  merasa terhormat karena akhirnya bisa bertemu dengan Laura Bush. Michelle menggambarkan Laura sebagai nyonya rumah yang ramah. Bagi Michelle, yang mengenakan gaun merah terang, kunjungan ke Gedung Putih adalah titik puncak dari perjalanan panjang. Dimulai dari kuliah di dua universitas bergengsi, Princeton dan Harvard, akhirnya perempuan berusia 44 tahun tersebut akan menyandang gelar Ibu Negara mulai 20 Januari 2009.

Tur yang dilakukan Michelle bersama Laura mencakup kunjungan ke ruang tidur Lincoln yang terkenal. Laura pernah membantu merenovasi ruangan tersebut. Karena telah tinggal di Gedung Putih selama hampir delapan tahun, pengaruh selera Laura Bush di hampir setiap sudut privat di Gedung Putih begitu kental. Namun, Laura mempersilakan Michelle untuk membawa perabot sendiri atau mengganti perabot yang sudah ada di Gedung Putih.

Nyonya Bush dan Nyonya Obama kemudian masuk ke ruangan tidur yang akan menjadi milik Malia dan Sasha. Mereka akan menjadi anak termuda yang tinggal di Gedung Putih dalam satu generasi. Laura juga meyakinkan Michelle untuk menyulap ruang tidur Malia dan Sasha agar benar-benar terasa sebagai kamar mereka sendiri.

“Tempat ini adalah museum,” kata Doug Wead, mantan asisten Presiden George H. W. Bush dan penulis buku tentang keluarga presiden. “Aturan dasarnya: Makin tinggi kita naik ke Gedung Putih, makin tinggi kebebasan untuk mendekorasi dan melakukan perubahan,” lanjut Wead dengan mengacu pada ruangan-ruangan pribadi di lantai atas.

Bersamaan dengan kunjungannya ke Washington, Michelle juga mendatangi setidaknya dua sekolah swasta terbaik di Washington bagi kedua putrinya kelak. Saat ini Malia dan Sasha bersekolah di sekolah swasta di Chicago. Michelle memperketat jadwal kunjungannya ke Washington agar dapat tiba di rumah pada malam hari untuk menemani kedua buah hatinya.

Dalam sebuah kampanye Barack Obama saat masih menjadi kandidat presiden, Michelle pernah mengatakan bahwa kedua putrinya adalah hal pertama yang dia pikirkan saat bangun tidur di pagi hari. Mereka berdualah yang juga menjadi bahan pikiran Michelle sebelum tidur di malam hari. (AP)







Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024