Pangsa Pasar IT

Apple Guncang Pasar Smartphone

Dari laporan terakhir yang dirilis Canalys.com, lembaga analis pasar independen asal Inggris, posisi Apple di pasar smartphone kini ada di peringkat dua. Posisinya tepat di belakang Nokia dan satu peringkat di atas Research in Motion (RIM), produsen BlackBerry, dengan pangsa pasar 17,3 persen. Pencapaian tersebut disebabkan popularitas produk-produk baru seperti jajaran iPhone yang berhasil meraih perhatian banyak pengguna.

Di peringkat satu, Nokia masih mendominasi dengan 38,9 persen market share. Perusahaan asal Finlandia tersebut menjual sekitar 15,5 unit produk di kuartal ketiga 2008. Apple sendiri tercatat sukses menjual 6,9 juta unit produk, sedangkan RIM menjual 6,1 juta unit dengan market share sebesar 15,2 persen.

Posisi Nokia semakin tertekan karena merekalah satu-satunya produsen di peringkat 5 besar yang mengalami penurunan penjualan. Mereka mengalami penurunan sebesar 3,8 persen di periode tersebut. Apple sendiri berhasil menjual enam kali lipat lebih banyak dibandingkan sebelumnya, sedang RIM meraih peningkatan penjualan sebesar 80 persen.

Menurut Canalys, produsen lain yang ada di peringkat 5 besar adalah Motorola dengan penjualan sebanyak 2,3 juta unit (naik 12,4 persen) dan HTC yang hanya menjual 5000 unit lebih sedikit dibanding Motorola (naik 171,4 persen).

"Sudah diperkirakan sebelumnya bahwa Apple akan hadir di papan atas produsen smart phone kuartal ini, dengan penjualan perdana yang laris manis, hanya masalah seberapa tinggi saja posisi Apple akan berada. Dan ini sangat impresif," komentar Pete Cunningham, Senior Analyst dari Canalys, seperti dikutip TGDaily.

Mengenai RIM, analis tersebut juga mengatakan bahwa RIM juga berhasil meraih performa yang bagus mengingat mereka sempat melakukan penundaan produk BlackBerry Bold mereka. "Sejumlah pelanggan juga telah menunggu kehadiran Storm. Dengan produk-produk baru tersebut dan Pearl 8220 yang akan hadir di kuartal keempat, sangat memungkinkan bagi RIM untuk kembali meraih posisi kedua."

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024