Ketua Umum PAN Usul 2 Oktober Jadi Hari Batik

VIVAnews - Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Soetrisno Bachir, mengusulkan kepada pemerintah untuk menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. 2 Oktober dipilih karena bertepatan dengan rencana United Educational, Scientific, and Culture Organization (Unesco) menyatakan secara resmi batik sebagai warisan dunia dari Indonesia.

“Unesco saja mengakui batik sebagai kekayaan asli budaya bangsa Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia harusnya bangga dan semakin mencintai batik," kata Soetrisno dalam pesan tertulis ke VIVAnews, Rabu 30 September 2009.

Soetrisno yang merupakan pengusaha batik asal Pekalongan itu menyatakan, pernyataan Unesco itu membuktikan batik sebagai warisan budaya Indonesia, bukan punya bangsa lain. Indonesia harus berterima kasih pada Unesco. "Saya mengusulkan pada pemerintah agar Tanggal 2 Oktober nanti ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional,” ujar Soetrisno.

Menurut Soetrisno Bachir adanya pengakuan UNESCO ini akan menimbulkan kebanggaan sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme Indonesia. Juga diharapkan akan menggairahkan kembali industri perbatikan di daerah-daerah.

“Batik tidak sekadar pakaian. Batik itu cerminan budaya bangsa Indonesia, budaya mandiri dan budaya kreatif. Kalau kita mau pakai batik industri batik di daerah-daerah akan berkembang sehingga ekonomi kerakyatan akan tumbuh,” ujar Soetrisno yang sedang berada di Singapura itu.

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya
Shin Tae-yong

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memberikan pujian kepada Australia usai pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024