Waspada, Hujan Lebat dan Angin Kencang Besok

VIVAnews - Hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada 25 sampai 28 September 2009.

Menurut data laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, cuaca ekstrim tersebut berpotensi terjadi di wilayah pesisir barat Sumatera, NAD, dan Sumatera Utara. Serta di Sumatera Barat, Bengkulu, dan Riau.

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang juga berpotensi terjadi di Jawa bagian barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi bagian Utara, Barat, dan Tengah, Papua bagian Barat, Utara, dan Tengah.

Cuaca ekstrim diakibatkan adanya aktifitas daerah tekanan rendah di Samudera Pasifik sebelah Timur Filipina yang mempengaruhi kondisi atmosfer di wilayah sekitar Indonesia dengan terbentuknya daerah pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian Utara, Laut Cina Selatan, perairan sebelah Utara Kalimantan hingga perairan sebelah Utara Papua.

Selain itu, kondisi suhu muka laut di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera dan perairan sebelah Utara Indonesia cukup hangat sehingga memberikan suplai uap air yang cukup untuk daerah disekitarnya.

Kondisi - kondisi tersebut  mendukung bagi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia, terutama di Indonesia bagian Barat dan Utara serta disekitar ekuator.

Selain itu adanya aktifitas konvektif terkait dengan tingginya temperatur pada siang hari yang merupakan aktifitas atmosfer berskala lokal disebagian wilayah Indonesia perlu diwaspadai, karena berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi CASN

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024