Pengesahan Lombok Utara Tunggu Menteri

VIVAnews-Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali memekarkan wilayahnya dengan keberadaan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Rencananya dalam waktu dekat wilayah KLU akan diresmikan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto.

Gubernur NTB Zainul Majdi sudah mengirim surat kepada Menteri dalam negeri untuk segera mengesahkan susunan kabinet yang akan bertugas diKabupaten Lombok Utara.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Sekertaris Daerah (Sekda) NTB Abdul Malik mengatakan proses pengesahan kabupaten lombok utara sedang dilakukan. Namun hingga kini belum ada keterangan resmi bagaimana struktur pemerintahan KLU.

Sayangnya, Abdul Malik enggan membicarakan siapa saja yang nantinya akan menempati posisi penting dalam struktur kepemimpinan Kabupaten Lombok Utara.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Terkait percepatan proses tersebut menurut dia sudah sesuai jadwal dan bukan karena desakan pihak tertentu. Sebagiaman diketahui bahwa rencana pembentukan Kabupaten Lombok Utara ini sudah berlangsung lama.

Bahkan hingga kini masyarakat Lombok Utara masih menunggu proses tersebut. Nantinya peletakan batu pertama sekaligus peresmian keberadaan Kabupaten Lombok Utara akan dilangsungkan di Lombok Utara.

Pusat pemerintahannya sementara berada di kecamatan Tanjong."Biar lebih membumi dan masyarakat Lombok Utara tahu bahwa ada kabupaten baru di NTB," tandasnya.

Kabupaten Lombok Utara merupakan pecahan dari kabupaten Lombok Barat. Saat ini penduduknya sebanyak 215 ribu jiwa yang tersebar di 34 desa dengan lima kecamatan. Pemekaran wilayah itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Selain mempunyai asset alam yang bagus, Lombok Utara juga menjadi lahan pertanian yang menjanjikan. Bahkan disana juga terdapat tiga pulau yang menjadi tempat kunjungan wisata seperti Pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Diharapkan dengan keberadaan Kabupaten Lombok Utara ini Pendapatan Asli Daerah semakin bertambah.

Laporan: Edy Gustan/Mataram.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024