Mudik Aman dan Nyaman Bersama si Kecil

VIVAnews - Tradisi mudik tentu tidak bisa dilepaskan dari hari raya Idul Fitri. Saat mudik, Anda dan keluarga tentu akan melakukan perjalanan panjang. Bagi Anda yang memiliki buah hati yang berusia balita perjalanan mudik bisa menjadi pengalaman tersendiri.

Apalagi jika perjalanan tersebut merupakan perjalanan panjang pertama bagi buah hati. Masalah yang sering muncul saat mengajak buah hati melakukan perjalanan luar kota yang memakan waktu berjam-jam adalah mabuk darat, laut maupun udara.

Rasa mual, pusing hingga muntah sering terjadi pada anak-anak selama perjalanan mudik. Mobil, kereta, kapal laut atau pesawat yang bergerak terus menerus dan terkadang tidak stabil, memicu rasa mual dan pusing bahkan muntah atau mabuk. Tanda-tanda buah hati mengalami mabuk saat perjalanan bisa terlihat dari warna kulit wajahnya yang pucat dan
berkeringat cukup banyak.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya jangan biarkan si kecil menatap keluar jendela dalam waktu lama. Membaca atau menonton juga bisa memicu rasa pusing dan mual. Hal itu karena gerakan yang terjadi terus-menerus selama perjalanan memicu konflik sinyal saraf dari mata ke otak, serta menggangu mekanisme keseimbangan di telinga.

Tidur sebenarnya cara yang paling efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Jadi usahakan agar buah hati Anda tidur saat dalam perjalanan. Selalu siapkan kantong plastik jika sewaktu-waktu buah hati mengalami mabuk perjalanan. Siapkan juga selalu minyak kayu putih dan termos air hangat dalam tas. Jika buah hati muntah segera balur tubuhnya dengan minyak kayu putih agar ia merasa hangat dan nyaman. Berikan juga air hangat untuk mengurangi rasa mualnya.

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III
Rossa

Hal Ini Buat Rossa Disangka Segera Nikah

Sayangnya, Rossa tidak memberikan klarifikasi lebih lanjut terkait makna sebenarnya dari caption tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024