Pembuktian Pinturicchio

VIVAnews - Alessandro Del Piero mungkin awalnya tidak akan suka dijuluki Pinturicchio atau pelukis kecil. Namun, striker Juventus itu tentu sadar legenda pelukis yang mempunyai nama lengkap Bernardo di Betto itu telah mempengaruhi karirnya di sepakbola.

Ya. Pinturicchio memang harus terkubur sebagi pelukis yang hidup di bawah bayang-bayang dewa lukis Raphael Perugino. Cerita abad 14-15 itulah yang membuat publik Italia menyamakan Del Piero dengan sosok Pinturicchio.

Julukan itulah yang membuat striker La Vecchia Signora itu berhasrat untuk terus menjadi yang terbaik. Dan ambisi itu terus memancar meski di usianya yang tak muda lagi.

Hal itu dibuktikan pemain yang akrab disapa Alex itu. Del Piero yang berulang tahun ke-34, 9 November 2008 nanti, sepertinya ingin membuktikan dirinya lebih pantas disebut sebagai pelukis besar macam Raphael Perugino.

Del Piero tentu punya alasan untuk minta ditempatkan sebagai yang terbaik di Italia saat ini. Terakhir, dua golnya ke gawang Iker Casillas (kiper Real Madrid) menjadi bukti dirinya tak akan pernah berhenti menjadi pesepakbola besar.

Di penyisihan Grup F Liga Champions musim ini, Del Piero total telah mengoleksi empat gol. Satu gol dicetak ke gawang Zenit St Petersburg. Sedangkan tiga gol lainnya dicetak ke gawang  Madrid (1 partai kandang, 2 partai tandang).

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Trofi Lengkap

Anak dari ahli elektronik bernama Geno dan ibu bernama Bruna ini telah kembali menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu pesepakbola terbaik yang dimiliki Italia. Segudang prestasi dan penghargaan telah ditorehkan striker yang semula bercita-cita menjadi supir truk itu. Praktis dari semua gelar domestik dan internasional, hanya Piala Eropa antar negara yang tak pernah dimenangkannya.

Bersama Juventus, Del Piero telah memenangkan scudetto lima kali yakni musim 1994-95, 1996-97, 1997-98, 2001-02, 2002-03. Di kancah Eropa, Del Piero juga telah mempersembahkan satu Trofi Liga Champions pada 1995-1996. Puncak prestasi Del Piero terjadi saat mempersembahkan trofi Piala Dunia 2006 bagi Italia.

Nama Del Piero memang sempat tenggelam menyusul kasus Calciopoli yang menimpa La Vecchia Signora. Suami dari Sonia Amoruso itu sempat memilih bertahan di Juve meski dipaksa turun ke kasta kedua Italia. Tak ayal, nama ikon La Vecchia Signora itu ikut terkerek.

Pelan namun pasti, ayah dari Tobias Del Piero itu berhasil mengangkat nama besar Juventus. Juve akhirnya kembali menjadi tim yang menakutkan di Serie A. Bahkan di musim 2007-2008, Del Piero kembali membuktikan diri sebagai striker tertajam dengan sebagai Top Skorer dengan torehan 21 gol.

Claudio Ranieri juga pantas berterima kasih kepada pemilik kostum keramat 10 di Juventus itu. Pasalnya, di pertengahan Oktober lalu, Ranieri sempat terancam didepak dari kursi pelatih Juventus menyusul kekalahan beruntun dari Palermo dan Napoli di Serie A.

Beruntung, Del Piero tampil gemilang. Aksi heroik Pinturicchio terjadi saat menjamu Real Madrid akhirnya mampu mengangkat moral tim. Alhasil, lima kemenangan beruntun berhasil dicapai La Vecchia, termasuk dua golnya di Santiago Bernabeu.

Si Nyonya Besar juga pantas berterima kasih karena dua gol Del Piero itu mampu menghapus kutukan selama 46 tahun tak pernah menang di Santiago Bernabeu.

Total, striker dengan tinggi 173 cm itu telah bermain 411 kali dan mencetak 177 gol bagi Juventus. Sedangkan di timnas, Del Piero telah bermain 91 kali dengan koleksi 27 gol.

Belum cukup, Del Piero pun mencatatkan diri sebagai top skorer sejati di Juventus dengan torehan total 241 gol di berbagai ajang kompetisi. Ia pun menjadi pemain Juventus yang paling sering berlaga, sebanyak 557 kali, menumbangkan rekor pendahulunya, Gaetano Scirea yang menorehkan laga 552 kali.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024