Partai Pemenang Pemilu Jepang Berkoalisi

VIVAnews - Partai pemenang pemilihan umum Jepang, Partai Demokratik Jepang (DPJ) membentuk koalisi dengan dua partai kecil lainnya, Rabu 9 September 2009. Kesepakatan ini mengukuhkan jalan bagi pemimpin DPJ, Yukio Hatoyama menuju kursi perdana menteri.

"Kami di titik awal untuk membentuk pemerintahan baru," kata Hatoyama dalam konferensi pers setelah penandatanganan perjanjian koalisi seperti dikutip dari Associated Press (AP).

Partai DPJ menang telak dan meraih mayoritas dari 480 kursi majelis rendah parlemen dalam pemilu yang digelar 30 Agustus lalu. Namun partai berhaluan kiri ini membutuhkan koalisi dengan partai kecil untuk mengontrol majelis tinggi.

DPJ akan bekerja sama dengan Partai Demokrat Sosial dan Partai Pembaruan Rakyat untuk menggantikan partai yang telah berkuasa selama 50 tahun, Partai Demokratik Liberal.

Juru bicara DPJ Toshiaki Oikawa mengatakan perbedaan pandangan antara DPJ dengan dua partai lainnya bukan merupakan halangan. Oikawa menyatakan tiga partai akan bekerja sama mengatasi perbedaan mengenai kebijakan luar negeri dan pertahanan Jepang.

Perbedaan terbesar terutama mengenai penutupan pangkalan udara Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di kota Futenma. Jepang meminta AS memindahkan pangkalan udara dari kota padat tersebut ke pulau Okinawa.

Partai DPJ menentang rencana pemindahan lapangan udara AS tersebut. Partai Demokrat Sosial berpandangan lebih tegas dengan berharap Marinir AS benar-benar keluar dari Jepang. Partai ini juga ingin meninjau ulang perjanjian keamanan dengan AS yang memperbolehkan pengerahan 50 ribu prajurit AS di Jepang.

Masalah lainnya adalah bantuan pengisian bahan bakar yang diberikan Jepang untuk kapal-kapal AS di Samudra Hindia. Bantuan ini diberikan sebagai dukungan terhadap operasi AS di Afghanistan.

Salah satu pemimpin DPJ yang diperkirakan akan mengisi jabatan menteri luar negeri, Katsuya Okada mengatakan koalisi akan menelaah seluruh kebijakan sebelum mengambil alih pemerintahan pekan depan. "Kami telah mencapai kesepakatan, sekarang kami dapat mengambil langkah maju," kata Okada.

Sementara itu, media memperkirakan mantan anggota parlemen Hirohisa Fujii alam diangkat menjadi menteri keuangan. Palaksana presiden DPJ, Naoto Kan akan mengepalai lembaga baru yang berperan menggodok kebijakan dan strategi pemerintah.

Ketua Partai Demokrat Sosial Mizuho Fukushima dan ketua Partai Pembaruan Rakyat Shizuka Kamei juga diduga akan mendapat posisi dalam kabinet.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024