Partai Berkuasa Jepang Dikalahkan Oposisi

VIVAnews - Partai berkuasa Jepang, Partai Liberal Demokrat (LDP), kalah dalam Pemilu. Partai oposisi, Partai Demokrat, memenangkan 300 atau lebih dari 480 kursi parlemen menurut exit poll yang dilakukan semua jaringan televisi utama Jepang.

Kemenangan Partai Demokrat ini menjadi bersejarah karena LDP telah berkuasa sejak tahun 1955 kecuali dijeda 11 bulan di antaranya. Kemenangan Demokrat atas LDP yang konservatif akan membuka jalan bagi Ketua Partai Demokrat Yukio Hatoyama menggantikan Perdana Menteri Taro Aso dalam beberapa minggu ke depan.

Kekalahan LDP ini bak barometer rasa frustrasi rakyat Jepang atas kondisi ekonomi yang buruk. LDP yang berkuasa sejak 1955 tak mampu menanggulangi kondisi yang buruk seperti meningkatnya utang nasional dan pertumbuhan populasi orang tua.

Sementara Partai Demokrat yang kiri-tengah berhasil memunculkan platform yang populis, menawarkan bantuan untuk keluarga dengan anak dan petani. Juga mereka menawarkan kenaikan upah minimum.

Selain itu, Demokrat juga menjanjikan hubungan yang lebih independen dengan Amerika Serikat, namun memperkuat hubungan dengan tetangga Asia seperti China dan Indonesia. Hatoyama, seorang doktor teknik dari Universitas Standford, berjanji tak akan ada perubahan dramatis dalam kebijakan luar negeri Jepang. (AP)

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kanan) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta

Ajukan Diri jadi Amicus Curiae, Megawati Soekarnoputri: Semoga Ketuk Palu MK Bukan Palu Godam

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengajukan diri sebagai amicus curiae atau sahabat pengadilan, ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sekjen Hasto membacakannya

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024