APBN 2009 Pakai Asumsi Minyak US$ 95

VIVAnews - Pemerintah dan Panitia Anggaran DPR sepakat menetapkan asumsi harga minyak mentah untuk tahun anggaran 2009 sebesar US$ 95 per barel. Angka ini lebih rendah dibandingkan yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan nota keuangan.

Dalam nota keuangan yang dibacakan pada 15 Agustus 2008 lalu, Presiden menyampaikan asumsi harga minyak mentah dalam RAPBN 2009 sebesar US$ 100 per barel.

Ditetapkannya asumsi harga minyak US$ 95 per barel menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Paskah Suzetta sudah sangat realistis. "Kita bukan berarti optimistis harga minyak akan terus bertahan di situ, tapi memang trennya turun," ujar Paskah di Gedung DPR, Jakarta, Senin 22 September 2008 malam.

Kendati pemerintah berkeyakinan tren harga minyak akan turun, perkembangan harga di pasar dunia justru sebaliknya, Pada penutupan perdagangan Senin, harga minyak di bursa komoditas New York malah kembali melesat US$ 16 menjadi US$ 120 per barel.

Menurut Paskah pemerintah memang tidak bisa terlalu banyak memprediksi kondisi ekonomi, terutama terkait ekonomi global. "Tapi kita juga harus punya sikap untuk menentukan asumsi dalam APBN," ujarnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan Anggito Abimanyu mengatakan pemerintah menyiapkan cadangan risiko untuk mengantisipasi naik turunnya harga minyak pada tahun 2009 nanti, yakni sebesat Rp 13 triliun. "Untuk minyak kita punya Rp 6 triliun yang bisa dipakai jadi kita masih akan bisa menahan sampai harga US$ 115 per barel," ujar Anggito.

Lifting Minyak


Untuk lifting minyak ditetapkan 960 ribu barel oer hari, naik dibandingkan tahun 2008 yan sebesar 925 ribu barel. Tambahan lifting minyak diharapkan bisa diperoleh dengan mengoptimalkan sumur-sumur tua dan potensi tambahan yang berasal dari own used sebesar 50 ribu barel per hari yang diganti dari pembelian gas Conoco Philis ke Chevron Pacific Indonesia. Sedangkan tambahan 10 ribu barel per hari direncanakan dari Conoco Philips, Chevron Makasar dan EMP Kangean.

Menurut Anggito, pemerintah dalam upaya memberikan kepastian pencapaian lifting tersebut, juga telah mencadangkan dana resiko fiskal yang totalnya sudah masuk dalam dana Rp 6 triliun.

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid
Justin Hubner

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Gamba Osaka

Justin Hubner dapat membela Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Dia mendapatkan izin dari klubnya, Cerezo Osaka pada Rabu 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024