Perahu Karet Dikirim ke Lokasi Rawan Banjir

VIVAnews - Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi Jakarta Barat siaga penuh menghadapi banjir. Kesiagaan itu dengan mengirimkan peralatan ke lokasi rawan banjir.

Peralatan yang disiapkan adalah 52 perahu karet, 33 tenda pengungsian, 117 baju pelampung, 26 tenda regu, 37 mobil tangki air bersih, 111 mobil operasional, 12 mobil ambulans dan perlengkapan pendukung lainnya telah disiapkan.

"Beberapa peralatan seperti tenda, perahu karet sudah didistribusikan ke seluruh kelurahan. Karena jika didistribusikan di saat banjir akan kesulitan," ujar Kepala Seksi Penanggulangan Pemerintah Kota Jakarta Barat Supriatin saat berbincang dengan VIVAnews di Kantor Walikota Jakarta Barat, Jalan Puri Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu, 1 Oktober 2008.
 
Selain itu, Satkorlak PBP juga telah menyiapkan posko kesehatan di 33 lokasi, dapur umum di 74 lokasi, posko banjir di 65 lokasi yang tersebar di beberapa titik di Jakarta Barat.
 
Sebanyak 5.465 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol, Banpol PP, Linmas Kelurahan, Ormas, dan Potmas RW daerah banjir disiagakan untuk mengantisipasi bencana musiman itu.
 
Di Jakarta Barat terdapat 16 lokasi rawan banjir yang perlu diwaspadai. Kawasan itu adalah Tegalalur, Kapuk, Jelambar, Grogol, Duri Kepa, Pinangsia, Tangki, Mangga Besar, Tomang Rawa Kepa, Kota Bambu, Rawabuaya, Duri Utara, Palmerah, Kelapa Dua, Meruya dan Semanan.
 
Delapan kecamatan yang ada di wilayah Kota Jakarta Barat, terdapat 22 wilayah yang biasa mengalami banjir. Rata-rata ketinggian genangan 80-200 cm.
 
Terkait mekanisme bantuan, Supriatin mengatakan, pada saat banjir masyarakat dapat mendatangi posko yang terdapat di masing-masing kelurahan.
 
Selain itu juga, jika dalam keadaan normal bentuk bantuan dari pihak donatur dapat disampaikan melalui Satlak PBP Walikota. "Jika keadaan darurat, langsung kepada korban melalui satgas PB Kelurahan," katanya

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
Ilustrasi pelaku

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap sopir taksi online yang menodong dan melakukan pemerasan terhadap penumpang wanitanya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024