"Paspor Calon Haji Tidak Gratis"

VIVAnews - Pembuatan paspor biasa untuk jamaah haji tidak gratis. "Ini yang perlu ditekankan," kata Kepala Hubungan Masyarakat Direktorat Imigrasi Departemen Hukum dan HAM, MJ Barimbing, Selasa 4 Agustus 2009.

Hanya saja, lanjut dia, semua biaya akan dibayarkan oleh Departemen Agama.  "Pembayaran akan dilakukan secara kolektif," ujar dia. Setiap paspornya, kata Barimbing, dikenai biaya sebesar Rp 270 ribu.

Pernyataan Barimbing terkait dengan kesepakatan paspor hijau untuk pelaksanaan paspor haji. Pelaksanaan itu terkait dengan peraturan presiden no 31 tahun 2009 tentang Haji.  Kemarin, Menteri Agama Maftuh Basyuni mengatakan Departemen Agama menggratiskan biaya pembuatan paspor bagi jamaah reguler.

Adapun teknis pembayaran, kata Barimbing, Departemen Agama akan menyetorkan secara kolektif kepada rekening bank persepsi imigrasi. Rekening tersebut merupakan rekening milik negara. "Itu adalah rekening kas negara dengan catatan dari imigrasi," lanjut Barimbing.

Proses pelayanan dilaksanakan pada kantor imigrasi setempat dekat dengan domisili calon haji. "Kami menyediakan loket khusus pelayanan," kata dia. Adapun pengisian formulir pengajuan paspor, calon haji bisa melakukannya secara langsung atau melalui online.

Menurut Barimbing, permohonan paspor harus dilengkapi dengan kartu penduduk, kartu keluarga, akte kelahiran atau ijazah disertai bukti fotokopi setoran lunas Biaya Penyelenggara Ibadah Haji.

Jika calon haji mengajukan permohonan secara online maka pemohonan harus memasukkan dokumen yang sudah di scan dan dimasukkan dalam satu file. "Permohonan dilakukan melalui situs www.imigrasi.co.id," ujarnya.

Namun, lanjut Barimbing, calon haji yang telah memiliki paspor hijau dengan masa berlaku hingga enam bulan masih bisa digunakan. Paspor ini juga, lanjut dia, "Bisa dilakukan untuk kepergian lainnya."

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024