Kadin Desak RUU Pembebasan Lahan

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah segera menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) Pembebasan Lahan.

"Bagi swasta, kepastian hukum itu penting, terutama dalam perolehan lahan untuk infrastruktur," kata Ketua Umum Kadin Indonesia MS. Hidayat di sela-sela Rapat Paripurna Luar Biasa di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin, 3 Agustus 2009.

Selama ini, karena tidak ada undang-undang yang mengatur, menurut Hidayat, investasiĀ  swasta enggan masuk karena ketiadaan kepastian tersebut. "Oleh karena itu, kami minta pemerintah berani mengusulkan RUU pembebasan lahan bagi proyek publik, seperti jalan tol, pelabuhan, irigasi, dan airport," katanya.

Misalnya, dia menambahkan, begitu satu proyek ditetapkan sebagai proyek pemerintah maka harga lahan bisa dibekukan sehingga ada kemungkinan investasi swasta bisa masuk dalam proyek pemerintah. "Kalau sekarang kan dimainkan calo tanah," katanya.

Selain itu, Kadin juga meminta pada tahun 2010, pemerintah menargetkan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia, mana yang dialokasikan untuk swasta dan dari APBN.

"Tahun depan harus ada target untuk proyek infrastruktur yang menggunakan APBN dan untuk swasta, dengan demikian, daya serap harus ditingkatkan. Kalau tidak begitu, seperti sekarang banyak proyek pemerintah yang terbengkalai," ujarnya.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024