Manusia Butuh Dua Planet 30 Tahun Lagi

VIVAnews - Gaya hidup dan pola konsumsi manusia telah membuat dunia mengalami krisis dalam kebutuhan ekologi. Konsumsi manusia terhadap sumber daya alam melampaui daya dukung bumi sebanyak sepertiganya.

Hal itu terjadi karena manusia telah semena-mena dalam pola konsumsinya. Manusia menghabiskan berbagai sumber daya alam dengan sangat cepat sehingga dalam waktu 30 tahun lagi dibutuhkan dua planet lagi untuk menampung kebutuhan manusia.

Sejumlah kelompok konservasi lingkungan, seperti WWF, Zoological Society of London dad the Global Footprint Network dalam laporan penelitiannya menyebutkan ,kerugian yang dialami para pemegang saham dalam krisis ekonomi global saat ini tidak seberapa dibandingkan penggunaan sumber-sumber daya alam oleh manusia yang nilainya mencapai US$ 3,5 triliun setiap tahun.

Seperti dikutip BBC, laporan berjudul Living Planet itu mengatakan, dunia sedang menuju kekurangan sumber-sumber daya ekologi, yang nilainya jauh lebih besar dibanding kerugian keuangan di berbagai pasar uang.

Masalahnya, menurut para penulis laporan itu, adalah planet bumi tidak bisa menanggung gaya hidup manusia saat ini.

Laporan itu menyebutkan, kebutuhan air, udara dan tanah kita, sudah melebihi kapasitas bumi untuk memperbaharui sumber-sumber alam itu hampir sepertiganya.

Amerika dan Cina secara total menggunakan sekitar 40 persen sumber-sumber itu. Sedangkan kebutuhan negara Inggris sama dengan wilayah Afrika Sub-Sahara.

Bila kita terus mengkonsumsi sumber-sumber alam seperti ini, demikian kata laporan itu, kita akan membutuhkan satu lagi planet untuk memenuhinya.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024